Ingin Diet Rendah Kalori, Bagaimana Tentukan Porsi Makan?

Kompas.com - 14/10/2020, 16:07 WIB
Ilustrasi diet ShutterstockIlustrasi diet

KOMPAS.com - Banyak orang tergiur mengikuti pola diet tertentu lantaran tengah populer dan diklaim bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Padahal, belum tentu pola diet tersebut aman untuk dilakukan. Kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda.

Oleh karenanya, sebelum melakukan pola diet tertentu, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuhnya.

Di sisi lain, ada pola diet yang bisa dikategorikan aman untuk dilakukan tanpa harus konsultasi dulu ke dokter. Pola diet tersebut adalah  diet rendah kalori.

Umumnya kalori yang dibutuhkan tubuh adalah 2.000-2.500 kalori per hari. Untuk penurunan berat badan, perlu dilakukan defisit kalori atau pengurangan jumlah kalori harian.

Dokter spesialis gizi klinik Juwalita Sulapsari menjelaskan, untuk melakukan diet rendah kalori, jumlah yang disarankan adalah 1.200-1.500 kalori.

Baca juga: Kondisi yang Berbahaya untuk Melakukan Diet Puasa

 

Selain itu, proporsi karbohidrat, protein, dan lemak harus diperhatikan.

"Paling mudah melihatnya di piring makan. Piring makan dibagi dua, sebelah kiri diisi sayuran, sebelah kanan diisi sumber karbohidrat dan protein rendah lemak," kata Juwalita dalam diskusi virtual bertajuk "Weight Loss Diet: Mana yang Terbaik?", Rabu (14/10/2020).

Pemilihan makanan

Juwalita menambahkan, saat melakukan pola diet ini, makan besar tetap dilakukan tiga kali sehari. Hanya saja pemilihan makanannya harus tepat.

Pertama, pemilihan sumber karbohidrat. Karbohidrat bukan hanya nasi, tapi bisa juga diganti dengan jagung, beras merah, kentang, atau umbi-umbian lain.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X