Kebiasaan di Pagi Hari yang Bantu Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 22/10/2020, 05:00 WIB
Ilustrasi bangun pagi Nattakorn ManeeratIlustrasi bangun pagi

KOMPAS.com - Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan berfokus pada jenis makanan yang hendak dikonsumsi dan olahraga yang akan dilakukan.

Namun ternyata, mengubah kebiasaan di pagi hari bisa membantu penurunan berat badan. Bahkan, perubahan kecil bisa memberikan manfaat kesehatan lain.

Berikut kebiasaan pagi hari untuk membantu menurunkan berat badan.

1. Buka tirai kamar

Apabila kamar langsung mengarah ke luar rumah, buka tirai dan biarkan sinar matahari masuk.

Baca juga: Masak Ayam Sehat untuk Program Turunkan Berat Badan, Sudah Tahu?

Sinar matahari memberikan dosis vitamin D yang dapat meningkatkan suasana hati dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, menurut suatu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One, orang yang lebih aktif di pagi hari dan terpapar sinar matahari memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.

2. Mandi air dingin

Mandi air dingin di pagi hari dapat meningkatkan energi dan mengaktifkan brown fat. Hal ini berdampak pada penurunan berat badan, karena tubuh membakar kalori lebih banyak.

Menurut suatu studi Harvard, orang yang mandi dengan air bersuhu 16 derajat celsius selama 10 hari berturut-turut secara signifikan meningkatkan aktivitas brown fat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X