Kompas.com - 26/10/2020, 19:30 WIB
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Banyak orang mengatakan bahwa mengoleskan minyak jarak dapat menumbuhkan bulu mata.

Namun, ahli dermatologi, dr. Mona Gohara dan dr. Joshua Zeichner mengungkapkan, sampai sekarang belum ada bukti ilmiah yang membuktikan minyak jarak membantu bulu mata tumbuh lebih lebat.

"Tidak jelas apakah minyak jarak benar-benar meningkatkan pertumbuhan rambut atau sekadar mengondisikan dan mengencangkan batang rambut itu sendiri," kata Dr. Zeichner.

Jadi, bagaimana dengan orang yang mengklaim bulu mata mereka tumbuh lebih panjang karena mengolesinya dengan minyak jarak selama berminggu-minggu? Kemungkinan besar itu hanya ilusi optik.

"Minyak jarak bekerja seperti kondisioner rambut untuk melapisi dan melindungi batang rambut sehingga terlihat lebih tebal dan bisa tumbuh lebih panjang," jelasnya.

Baca juga: Tebalkan Bulu Mata dalam Seminggu dengan Trik Ini

Tetapi, jika masih ingin mencoba minyak jarak karena lebih murah daripada serum bulu mata, pastikan untuk melanjutkannya dengan hati-hati.

Dokter Gohara mengungkapkan, bahwa menggunakan minyak jarak sesungguhnya dapat memblokir kelenjar mata, yang menyebabkan bintitan dan kista.

Hal tersebut akan semakin parah apabila penggunanya memiliki eksim, kulit sensitif, atau alergi kulit. 

Kabar baiknya, iritasi yang dialami saat menggunakan minyak jarak pada bulu mata akan hilang dalam beberapa hari setelah berhenti menggunakannya.

Mengoleskan krim hidrokortison yang dijual bebas juga dapat membantu.

Untuk itu, para ahli dermatologi merekomendasikan untuk tidak menggunakan minyak jarak sama sekali pada bulu mata.

Baca juga: Agar Bulu Mata Tumbuh Lebat dan Kuat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber InStyle
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.