Pahami, Perawatan Kulit yang Tepat untuk Remaja

Kompas.com - 28/10/2020, 20:39 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Perawatan kulit harus sudah dilakukan sejak usia remaja. Apalagi masa pubertas memang kerap ditandai dengan munculnya beragam permasalahan kulit, seperti jerawat dan alergi.

Berikut ini adalah sejumlah perawatan kulit yang tepat untuk remaja, sesuai jenis kulitnya.

1. Kulit berminyak atau kombinasi

Remaja yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi harus mencuci wajah hanya dua kali sehari.

Gunakan pembersih wajah berbahan dasar asam salisilat untuk kulit berminyak. Jika berjerawat maka pilih pembersih wajah yang mengandung benzoyl peroxide.

Baca juga:

Setelah itu, gunakan pelembap berbasis gel ringan. Selain itu, usahakan untuk meminimalkan penggunaan concealer dan alas bedak.

Pastikan untuk menghapus riasan dengan benar menggunakan pembersih riasan bebas minyak di malam hari sebelum tidur.

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya berbahan dasar gel dengan SPF 30 secara teratur. Apabila wajah berjerawat, kurangi asupan gula dan susu.

Jangan merusak kulit atau mencoba memencet jerawat, karena akan meninggalkan bekas luka atau noda hitam.

2. Kulit kering

Untuk kulit kering gunakan pelembap yang mengandung liquid paraffin, shea butter, atau cocoa butter yang berguna untuk melembapkan kulit dalam waktu lama.

Selalu gunakan pelembap yang kental sebelum tidur. Lalu, jangan terlalu lama berada di suhu AC rendah dan di bawah kipas angin.

Baca juga: Kenali 6 Penyebab Kulit Kering

Halaman:


Sumber Pinkvilla
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X