Makan Buah Kiwi Efektif Atasi Sembelit, Sudah Tahu?

Kompas.com - 30/10/2020, 22:00 WIB
Buah kiwi AmaritaBuah kiwi

KOMPAS.com - Hampir semua orang pasti mengenal buah kiwi yang kulitnya berwarna cokelat, tetapi di dalamnya berwarna hijau.

Buah yang memiliki rasa asam dan manis ini ternyata bermanfaat untuk mengatasi masalah buang air besar (BAB) atau sembelit.

Dalam pertemuan virtual yang digelar American College of Gastroenterology diungkapkan,kiwi dapat membantu orang dengan sembelit kronis.

Baca juga: Jus Lemon dan Buah Kiwi Ampuh Rontokkan Bulu di Tubuh Wanita

Kiwi disebut sebagai alternatif obat pencahar alami, yang dapat membantu orang-orang buang air besar lebih teratur.

Sementara itu, dalam studi terbaru di Michigan dan Georgia, para peneliti mengamati tiga pengobatan alami untuk orang dewasa dengan sembelit kronis.

Sebanyak 79 relawan dibagi menjadi tiga kelompok antara lain yang mengonsumsi dua buah kiwi per hari, 100 gram plum per hari, dan 12 gram psyllium per hari selama empat minggu.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kelompok mana yang akan buang air besar secara rutin.

Baca juga: Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Nah, hasilnya memang menunjukkan semua relawan meningkatkan kunjungan mereka ke kamar mandi untuk buang air besar dengan efektif.

Tetapi, efek samping yang paling besar dirasakan berasal dari relawan yang mengonsumsi psyllium dan plum, yakni perut kembung, nyeri, dan sering kentut.

Dari sana para peneliti menyimpulkan, bahwa kiwi menjadi buah yang dapat dikonsumsi sebagai pengobatan efektif dan dapat ditoleransi dengan baik bagi pasien sembelit kronis.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X