Kompas.com - 01/11/2020, 18:43 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Ketidakpastian di masa pandemi, termasuk ekonomi yang belum bangkit, menimbulkan kecemasan pada banyak orang. Bagi orang muda, kondisi ini bisa menghambat mereka mewujudkan mimpi-mimpinya.

Di akhir usia belasan hingga 20-an, umumnya perempuan muda sedang mencoba beradaptasi dengan tahapan kehidupan mereka selanjutnya.

Di usia ini mereka mulai menata masa depan; seperti mencari pekerjaan yang didambakan, mengejar kondisi finansial yang lebih mapan, dan banyak lainnya.

“Dalam kondisi normal saja, adaptasi ini otomatis menimbulkan berbagai kegelisahan dan kekhawatiran. Di tengah pandemi, hal ini menjadi semakin terasa dengan banyaknya keterbatasan dan ketidakpastian yang membuat ruang gerak perempuan menjadi terbatas,” kata psikolog Tara de Thouars dalam acara talkshow yang digelar virtual oleh Sunsilk (28/10/2020).

Ia menjelaskan, masalah utama yang banyak dihadapi orang muda adalah keraguan terhadap diri sendiri, rasa tertekan karena kehilangan harapan, dan merasa sendirian.

“Dibutuhkan dorongan atau dukungan dari dalam diri dan lingkungan sekitar guna membangkitkan optimisme mereka untuk bertumbuh menjadi perempuan yang tetap positif dan bergerak maju,” imbuh Tara.

Baca juga: 8 Tips Sukes Melakukan Wawancara Kerja Secara Virtual

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada tiga kunci meraih mimpi, sarana, akses, dan sistem support.

"Meraih mimpi bisa dibangun perlahan, enggak harus cepet-cepet ingin tercapai. Jadi kita bisa mencari tahu akses apa yang menjadi peluang kita," paparnya.

Eksplorasi minat

Penyanyi Raisa bercerita tentang pengalamannya melakukan eksplorasi minatnya dan keluar dari zona nyaman di masa pandemi ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.