Kompas.com - 11/11/2020, 11:20 WIB
Ilustrasi menjalani kehidupan yang bahagia bersama orang-orang tercinta. SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOSIlustrasi menjalani kehidupan yang bahagia bersama orang-orang tercinta.

KOMPAS.com - Definisi bahagia berbeda bagi setiap orang.

Sebab, masing-masing dari kita memiliki kehidupannya sendiri dan memiliki pengalaman dari berbagai situasi berbeda.

Kebahagiaan bukanlah tentang melakukan sesuatu yang spesial, tetapi lebih kepada memilih apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan.

Pelatih kehidupan tersertifikasi dan penulis, Crystie Lim menyebutkan ada 10 hal yang perlu kita hindari karena dapat menjauhkan kita dari kebahagiaan, di antaranya:

1.Terlalu banyak ekspektasi
Tentu saja masing-masing dari kita memiliki ekspektasi dan ingin semuanya berjalan sesuai dengan rencana.

Namun, kenyataan tidak selalu berjalan sesuai keinginan kita.

Kita tidak dapat berharap orang lain melakukan hal sesuai yang kita inginkan dan itu adalah hal yang tidak adil.

Ketika kita punya terlalu banyak ekspektasi, kita akan sulit membina relasi dengan orang lain dan sering kali akan memicu konflik.

Tentu saja konflik hanya akan mengganggu keinginan kita untuk memperoleh kebahagiaan pikiran.

"Jika kita bisa mengesampingkan ekspektasi dan membiarkan segala sesuatunya menjadi seperti apa adanya dan menjadi seseorang yang dibutuhkan, kita akan jauh lebih bahagia," katanya, seperti dilansir Lifehack.

Halaman:


Sumber LifeHack
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X