Kompas.com - 18/11/2020, 17:37 WIB
Ilustrasi furnitur kayu. ShutterstockIlustrasi furnitur kayu.

KOMPAS.com— Furnitur kayu bisa ditemui pada hampir semua rumah masyarakat Indonesia. Selain lebih tahan lama, furnitur kayu juga memberi kesan etnik dan alami pada hunian. Kendati begitu, furnitur kayu yang tidak dirawat akan tampak usang dan terlihat buram. 

Furnitur ini membutuhkan perawatan berkala untuk menjaganya agar tetap mengilap dan kuat.

Di pasaran mungkin banyak pembersih dan pemoles kayu komersial yang bisa kamu beli. Tetapi, untuk perabotan dari alam, mengapa kita tak merawatnya dengan bahan-bahan alami juga.

Selain hemat biaya, polesan kayu buatan sendiri relatif lebih aman. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

Namun sebelum memoles furnitur, sebaiknya lakukan persiapan berikut ini.

Baca juga: Pecinta Vintage, Ketahui 3 Tips Sebelum Beli Furnitur Antik

- Pertama-tama, bersihkan debu dan kotoran dari furnitur dengan menyekanya menggunakan kain mikrofiber basah diikuti dengan lap kering.

- Jika terdapat noda pada furnitur, lap permukaannya dengan larutan yang dibuat dari campuran air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring, kemudian keringkan dengan dengan lap. Jangan biarkan air tertinggal di kayu karena itu dapat meninggalkan noda.

Ilustrasi membersihkan furnitur kayushutterstock Ilustrasi membersihkan furnitur kayu

Jika permukaan furnitur sudah siap dipoles, buatlah polesnya dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

1. Salah satu cara paling populer untuk membuat poles kayu sendiri adalah dengan mencampurkan cuka putih dan jus lemon dalam perbandingan yang sama ke dalam botol semprot.

Cuka menghilangkan bekas sidik jari, minyak dan kotoran dari kayu, sementara jus lemon berfungsi sebagai disinfektan dan memberikan aroma pada cat kayu. Untuk kayu berwarna gelap, gunakan cuka apel.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Furnitur Kayu Kembali Kinclong Seperti Baru

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X