6 Hal yang Bisa Bikin Remaja Tidak Lagi Melawan

Kompas.com - 19/11/2020, 06:06 WIB
Ilustrasi orangtua mengekang anak. SHUTTERSTOCKIlustrasi orangtua mengekang anak.

KOMPAS.com – Menghadapi anak usia remaja tidak pernah mudah bagi orangtua. Sebab di usia tersebut, emosi anak cenderung tidak stabil dan lebih sering memberontak.

Tak jarang orangtua terlibat ‘perang dingin’ dengan anak remajanya yang tentu dapat berdampak buruk bagi hubungan keduanya.

Di sisi lain, orangtua tentu ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak lagi melawan.

Orangtua bisa meniru beberapa tips dari buku 'What's my Teenager Thinking?' yang ditulis oleh guru perilaku anak Tanith Carey dan psikolog Dr Carl Pickhardt untuk menghadapi remaja.

"Bahkan jika yang dilakukan anak hanya sebatas mendengus, ada cara-cara yang bisa membuatnya lebih kooperatif," ujar Carey seperti dikutip Daily Mail.

Lewat bukunya, Carey dan Dr Pickhardt mengungkapkan enam trik pengasuhan yang didukung ilmu pengetahuan. Tips tersebut dikatakan dapat mengubah perilaku remaja menjadi lebih baik dalam hitungan hari.

1. Berhenti tersinggung

Walaupun terkadang tindakan remaja sulit diterima, tapi mereka melakukan hal itu karena menganggapnya baik.

Sebagian tindakan menantang orangtua sebenarnya memiliki sisi positif dan bisa berubah secara perlahan.

Orangtua perlu ingat, dalam perkembangannya, anak butuh waktu untuk belajar duduk, merangkak, dan kemudian berjalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Daily Mail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X