Kabar Baik dari Vaksin Oxford untuk Lawan Infeksi Covid-19

Kompas.com - 21/11/2020, 09:17 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan. SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan.

KOMPAS.com - Ketika pandemi Covid-19 mulai menghantam kehidupan umat manusia di dunia, harapan akan ditemukannya vaksin menjadi isu yang selalu didengungkan.

Banyak pihak dari berbagai negara berupaya keras untuk menciptakan "tameng" pelindung dari infeksi virus SARS-CoV-2.

Kini, salah satu harapan datang dari Inggris.Hasil penelitian lanjutan dalam upaya pengembanganvaksin Oxford dikabarkan menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Baca juga: Perkembangan Terbaru Vaksin Corona, Munculkan Banyak Harapan

Sebab, vaksin tersebut ternyata menunjukkan respons kekebalan yang lebih kuat pada orang berusia 60-70 tahun.

Temuan ini tentu meningkatkan harapan bahwa vaksin tersebut dapat melindungi kelompok usia yang justru paling berisiko terkena virus corona.

Pada kesimpulan dalam penelitian tahap kedua yang terbit dalam jurnal Lancet, peneliti memberikan vaksin kepada 560 sukarelawan dewasa yang sehat.

Selanjutnya, dalam tahap ketiga, peneliti juga menguji apakah vaksin dapat menghentikan orang mengembangkan Covid-19 yang lebih besar.

Hasil awal dari tahap penting ini diharapkan bisa segera dipublikasikan dalam beberapa minggu mendatang.

Selain itu, dalam jangka panjang kemungkinan vaksin ini bisa lebih mudah diluncurkan karena tidak perlu disimpan pada suhu yang sangat dingin.

Pemerintah Inggris dikabarkan telah memesan lebih banyak vaksin Oxford yang diproduksi oleh AstraZeneca.

Halaman:
Baca tentang


Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X