Kompas.com - 23/11/2020, 11:13 WIB
Ilustrasi kulkas. Ilustrasi kulkas.

KOMPAS.com - Sebagian besar orang menyimpan produk perawatan kulitnya di kulkas untuk menjaga kendungannya, misalnya saja sheet mask atau masker wajah, serum, dan pelembap.

Namun, apakah menaruh produk perawatan kulit di lemari es benar-benar diperlukan?

"Beberapa orang menyimpan produk perawatan kulit di kulkas karena menikmati sensasi dingin ketika produk dipakai," kata dermatologis Corey Hartman, MD kepada New Beauty.

"Konsepnya sama seperti kantung es yang diletakkan pada area wajah setelah mendapatkan perawatan suntikan dan laser," tambahnya.

Suhu dingin dapat memberikan efek menenangkan. Sedangkan pada prosedur kecantikan, pendinginan pada wajah dapat membantu mengurangi peradangan dan bengkak.

Tetapi, menaruh produk perawatan di lemari es agar tetap dingin memberikan manfaat yang lebih banyak dari sekadar menenangkan kulit.

Salah satunya membantu beberapa produk bertahan lebih lama. Contohnya produk perawatan kulit topikal seperti hidrokuinon atau vitamin C. Produk tersebut tidak stabil terhadap suhu ekstrem, paparan sinar ultraviolet, dan cahaya.

Baca juga: Serum Vitamin C, Rahasia Kulit Mulus Bebas Flek Bekas Jerawat

"Menyimpan produk di lemari es dapat mengontrol suhu dan menghilangkan kemungkinan teroksidasi saat terkena cahaya," kata Hartman.

Sementara itu, pendiri dan CEO dari Flavia Lanini Beuty Institute mengaku suka menyimpan serum vitamin C dan roller wajah di lemari es karena alasan tertentu.

Menurutnya, kesejukan dapat membantu drainase limfatik sekaligus memberikan hasil yang lebih kencang pada kulit.

Halaman:


Sumber New Beauty
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X