Kompas.com - 23/11/2020, 16:20 WIB

KOMPAS.com - Mengajak anak-anak menonton film horor mungkin akan membantu mengatasi rasa takut, dan dapat membuat mereka menjadi lebih tangguh

Namun, tidak semua film horor cocok ditonton oleh anak-anak.

Jika orangtua memutuskan untuk membiarkan anak-anak menonton film horor, ada hal-hal yang harus diperhatikan demi meningkatkan pengalaman yang positif.

Baca juga: Ini Dampak Positif dan Negatif Film Horor bagi Kesehatan

Sebuah studi terbaru menunjukkan, penggemar film horor bernasib lebih baik secara psikologis dibandingkan yang orang-orang yang tidak menyukai film horor.

"Bagi sebagian orang, tampaknya masuk akal untuk mengatasi sesuatu yang menakutkan di acara televisi, video game, atau buku dengan menghadapinya."

Demikian dikatakan pemimpin penelitian dari University of Chicago, Coltan Scrivner, Ph.D, seperti dikutip laman Parents.com.

Menurut dia, satu alasan orang yang menyukai film horor mendapatkan sedikit tekanan psikologis karena kemungkinan mereka dapat berlatih melawannya dengan emosi negatif di tempat yang aman.

Manfaat menonton film horor bagi anak

Meski begitu, penelitian Scrivner hanya berfokus pada orang dewasa.

Sehingga, tidak jelas apakah anak-anak yang menonton film horor akan merasakan manfaat psikologis yang sama atau tidak.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang perkembangan anak, belajar mengatasi rasa takut memang dapat membantu mereka membangun ketahanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.