Cerita Sneaker Lokal Maha Nagari Patrobas yang Harganya Melangit

Kompas.com - 23/11/2020, 19:26 WIB
Debby Vania REPRO BIDIK LAYAR INSTAGRAM @patrobas.idDebby Vania

KOMPAS.com - Merek sepatu lokal Patrobas mengeluarkan koleksi sneaker terbaru buah kolaborasi dengan seniman Debby Vania.

Sneaker bernama Maha Nagari itu resmi dirilis hari ini, Senin (23/11/2020).

Ada keunikan dan makna mendalam dari sneaker yang desainnya bergambar motif Batik Asmat Papua.

Maha Nagari diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya 'Negara yang Besar'. Selain itu, sneaker ini dapat berubah warna di bagian lukisan batik

Baca juga: Tampil di Paris Fashion Week, Brand Lokal AKSU Angkat Budaya Bali

Pada suhu di bawah 30 derajat Celsius, lukisan batik berwarna coklat tua. Sedangkan jika suhunya di atas 30 derajat Celsius, maka warnanya menjadi merah.

Debby mengartikan hal ini sebagai simbol keberagaman di Tanah Air. Walaupun banyak perbedaan di tengah masyarakat, intinya tetap satu yaitu Indonesia.

"Warna coklat tua itu gelap sebagai simbol perbedaan. Lalu ketika lukisan berubah warna menjadi merah, sepatu jadi terlihat merah putih yang menunjukkan Indonesia."

Demikian yang diungkap Debby saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/11/2020).

Debby menambahkan, awal mula kolaborasi ini juga dimaksudkan untuk memeringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus lalu.

Saat itu, pihak Patrobas mengajak Debby berkolaborasi mendesain sneaker yang ada sentuhan motif batik namun yang belum pernah dibuat sebelumnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X