Hiperandrogen Bisa Picu Haid Tak Lancar, Simak Penjelasannya

Kompas.com - 25/11/2020, 21:56 WIB
Ilustrasi menstruasi ShutterstockIlustrasi menstruasi

KOMPAS.com - Hormon androgen atau testosteron dikenal sebagai hormon yang banyak ditemukan pada pria.

Namun, hormon ini juga berperan penting dalam tubuh wanita meski jumlahnya sedikit.

Fungsi hormon androgen pada wanita antara lain mengatur organ-organ di dalam tubuh seperti organ reproduksi, tulang, ginjal, hati, dan otot.

Baca juga: Nyeri Haid Hilang Setelah Menikah, Mitos atau Fakta?

Sayangnya, jika produksi hormon ini berlebihan pada wanita maka akan menyebabkan berbagai macam masalah.

Salah satunya dapat memicu haid yang tidak lancar, baik jadwalnya yang mundur atau tidak haid sama sekali.

"Wanita yang memiliki hormon androgen berlebihan ( hiperandrogen) juga harus menjaga pola makannya karena makanan berlemak tinggi akan dipecah menjadi hormon androgen lagi."

Demikian penjelasan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Dr Kartika Cory, SpOG dalam diskusi virtual bersama Halodoc melalui aplikasi Zoom, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Pahami, Manfaat Mencatat Periode Haid

Selain itu, wanita yang memiliki kadar hormon androgen berlebihan cenderung berpotensi tinggi terkena sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS).

Sindrom ini dapat membuat berat badan tiba-tiba naik, dan juga membuat wanita di usia subur mengalami gangguan haid.

Oleh sebab itu, jika dalam siklus haid normal yakni 21-35 hari seorang wanita tidak mengalami haid sama sekali, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter.

"Gangguan PCOS biasanya dapat diketahui melalui USG. Setelah itu pasien akan diberikan terapi hormonal supaya seimbang dan bisa kembali haid dengan teratur," ujar dia.

Baca juga: Siklus Haid Sering Barengan dengan Sahabat? Ini Alasannya

Di samping terapi, Dr Kartika merekomendasikan wanita dengan PCOS berkonsultasi pada pakar gizi maupun nutrisi untuk dapat menghindari makanan yang semakin meningkatkan kadar hormon androgennya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X