Kompas.com - 02/12/2020, 15:15 WIB
Ilustrasi stres di kantor shutterstockIlustrasi stres di kantor
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Lingkungan kerja ternyata dapat berdampak besar pada kesehatan fisik, mental, dan tentunya produktivitas kita dalam bekerja.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa kita tidak hanya senang dengan pekerjaan kita, tetapi juga nyaman dengan orang-orang di dalamnya.

Nah, tapi ada beberapa tempat kerja yang cenderung toxic dan berdampak buruk jika kita terus-menerus berada di sana.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini ciri-ciri bahwa tempat kerja kita tidak ideal dan justru menjadi toxic.

1. Beban kerja tidak realistis

Jika kita selalu kesulitan menyelesaikan pekerjaan, meski sudah melakukan berbagai upaya, kita mungkin sedang menghadapi beban kerja yang tidak realistis dalam lingkungan kerja yang toxic.

Hal ini dapat menyebabkan kecemasan tingkat tinggi dan perasaan depresi.

"Efek jangka panjangnya termasuk semangat kerja yang rendah, tingkat turnover yang tinggi, dan karyawan yang mengalami kelelahan," kata psikoterapis Mayra Mendez, PhD, LMFT.

Jika menghadapi beban kerja yang tak kunjung bisa dirampungkan, ia merekomendasikan kita agar memprioritaskan pekerjaan dalam satu hari atau minggu, menjadwalkan waktu istirahat, dan mengambil waktu liburan yang sudah dialokasikan.

Cobalah juga beristirahat dan lakukan latihan yang menenangkan. Apabila keluar dari kantor tersebut adalah pilihan terbaik, pastikan kita sudah mendapatkan pekerjaan pengganti.

Baca juga: Tertekan dengan Beban Kerja? Coba Lakukan Micro Break

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X