Salahkan Pandemi Bisa Selamatkan Hubungan dengan Pasangan, Benarkah?

Kompas.com - 03/12/2020, 06:24 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19 ini tentunya setiap pasangan ingin mengetahui bagaimana dampak tahun yang sulit ini berimbas pada hubungan kasih mereka.

Di Amerika Serikat, lebih dari 650 orang melaporkan bagaimana hubungan mereka sebelum dan selama pandemi.

Meskipun berlindung di tempat yang sama sambil menghadapi stres dan kekacauan di hari-hari awal pandemi, kebahagiaan orang dan juga pasangannya ternyata tidak berubah signifikan.

Baca juga: Pasangan Gampang Cemas, Bagaimana Menghadapinya?

Pasangan yang bahagia dengan hubungan mereka sebelum pandemi, tetap seperti itu. Begitu pula dengan pasangan yang tidak bahagia sebelumnya.

Kendati demikian, hubungan itu bersifat dinamis dan tidak akan selalu sama.

Kabar baiknya, berdasarkan sebuah penelitian, ada satu aspek dari hubungan pasangan yang tampaknya telah diperbaiki oleh pandemi yakni atribusi.

Ada penelitian yang dilakukan oleh asisten profesor pengembangan manusia dan keluarga di University of Texas, Hannah Williamson, PhD.

Atribusi dijelaskan sebagai cara orang memikirkan dan menjelaskan perilaku pasangannya.

Sebagai contoh, jika pasangan berubah menjadi kasar dan egois setelah mendapatkan tekanan di hari itu, mungkin siapa pun bisa menyalahkan keadaan yang sedang sulit.

Baca juga: Batasan Membela Pasangan Saat Berkonflik dengan Orang Lain

Penelitian sebelumnya dari Karney & Bradbury pada tahun 2000 menunjukkan, hubungan akan menjadi lebih baik apabila kita menyalahkan keadaan eksternal atas perilaku negatif pasangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X