Kompas.com - 29/12/2020, 08:16 WIB
Ilustrasi teh. shutterstockIlustrasi teh.

KOMPAS.com - Teh merupakan minuman yang jadi favorit orang di seluruh dunia setelah air putih. Selain cocok menjadi teman mengonsumsi camilan, teh juga dikenal menyehatkan.

Minuman teh tak selalu berasal dari daun teh. Ada juga herbal berkhasiat yang diseduh dan disebut sebagai teh, misalnya saja chamomile, akar manis, atau pun kunyit.

Kendati belum ada penjelasan ilmiah mengenai manfaatnya, seduhan teh dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang lebih baik.

Dana Hunnes, PhD, ahli diet senior di Ronald Reagan UCLA Medical Center dan profesor di Fielding School of Public Health menjelaskan manfaat seduhan herbal untuk kesehatan.

"Teh dapat meningkatkan sistem kekebalan dan membantu melawan berbagai bentuk kanker karena antioksidan dan zat-zat kimia tanaman," tutur dia.

Penggunaan seduhan sebagai ramuan herbal sudah digunakan negara-negara di Asia berabad-abad dan ketika diperkenalkan ke dunia barat sekitar tahun 1600, seduhan teh diiklankan sebagai obat.

Baca juga: Kunyit dan Madu, Tingkatkan Imun hingga Pangkas Kolesterol

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa jenis seduhan disebut lebih unggul dibanding yang lain karena sangat terkait dengan kandungan dan jenis tanaman teh itu sendiri.

Menurut Hunnes, zat-zat penting dalam seduhan herbal juga bisa didapatkan dari ekstrak atau bahan pangan lain. Bahkan, teh tak selalu jadi sumber terbaik untuk mendapatkan zat aktif bermanfaat itu.

Inilah beberapa bahan utama seduhan yang dikaitkan dengan manfaat peningkatan sistem kekebalan.

1. Kunyit

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.