Kompas.com - 12/01/2021, 10:23 WIB
Ilustrasi penerapan kebiasaan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) di lingkungan kantor (Dok. Shutterstock) Ilustrasi penerapan kebiasaan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) di lingkungan kantor (Dok. Shutterstock)

KOMPAS.com - Sepanjang tahun lalu masyarakat dunia hidup dengan mengadaptasi kebiasaan baru, yaitu menjaga jarak sosial, mencuci tangan, dan memakai masker wajah setiap berada di luar rumah.

Namun, pada prakteknya banyak dari kita sulit memakai masker dalam waktu lama. Hal ini antara lain karena pemilihan masker yang tidak tepat.

Pakar kesehatan sepakat, penggunaan masker wajah adalah respons terbaik pemerintah dalam menghadapi Covid-19.

Salah satunya dikemukakan Nathan Grills, associate professor bidang kesehatan masyarakat di Universitas Melbourne.

Grills mengatakan, masyarakat harus mengambil tindakan secepat mungkin untuk "smart masking", atau memakai masker secara cerdas.

Baca juga: 8 Kesalahan Penggunaan Masker yang Sering Disepelekan

Karena keseharian kita saat ini tidak dapat lepas dari masker wajah, ada baiknya mengetahui cara memakai masker selama berjam-jam dengan nyaman, melansir The Sydney Morning Herald.

1. Istirahat secara berkala

Grills mengatakan, pekerja yang diwajibkan memakai masker harus beristirahat secara teratur di ruangan terbuka, di mana pekerja juga dapat melepas maskernya.

Namun, usahakan agar kita tidak selalu menyentuh masker wajah. Lepas masker dengan menyentuh pengait telinga dan memasukkannya ke dalam kantung plastik kecil apabila tidak digunakan.

Baca juga: Sudah Ada Vaksin, Masker Tetap Harus Dipakai Setahun Lagi

2. Menjaga kenyamanan telinga

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X