5 Cara Ciptakan Lebih Banyak Ruang Penyimpanan di Rumah

Kompas.com - 16/01/2021, 12:35 WIB
Cabinet penyimpanan barang di kamar mandi
www.home-designing.comCabinet penyimpanan barang di kamar mandi

KOMPAS.com— Kurangnya ruang penyimpanan di rumah membuat barang-barang menjadi berserakan. Akibatnya, rumah jadi terlihat berantakan dan sempit. Bila hal ini terjadi, artinya, kamu butuh menyiapkan ruang penyimpanan baru di rumah.

Untuk kamu yang membutuhkan ruang penyimpanan baru, berikut adalah lima tips membuat lebih banyak ruang penyimpanan di rumah yang bisa kamu coba:

1. Singkirkan benda yang tidak perlu

Jika rumah penuh dengan barang-barang, tugas pertama yang harus dilakukan adalah memilah barang-barang yang sudah tak lagi digunakan dan membuangnya.

Terkadang, membuang barang-barang memang sulit, terlebih jika barang tersebut memiliki kenangan. Namun, ini perlu dilakukan mengingat barang tersebut mungkin sudah tak lagi berfungsi dan hanya mempersempit ruang penyimpanan.

Bila barang yang ingin disingkirkan masih bisa digunakan, kamu bisa mendonasikan. Misalnya, koleksi baju yang masih bagus namun sudah tak muat lagi, atau sepatu anak yang sudah tak digunakan.

Baca juga: 5 Langkah Menata Ruang Penyimpanan di Dapur

2. Atur barang-barang yang disimpan

Jika sudah menentukan barang mana yang ingin disimpan, kelompokkan menjadi satu jenis barang, misalnya, alat tulis, perkakas untuk memperbaiki, perlengkapan dapur, dan sebagainya. Lalu, beri label pada tempat penyimpanan, entah itu laci, kardus atau kotak bening dari plastik.

Susun semua barang-barang berdasarkan kotak mana yang lebih banyak kamu gunakan, dan yang jarang digunakan, letakkan di urutan paling bawah.

3. Cari ruang kosong

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X