Tak Cuma Wangi, Minyak Esensial Juga Bagian dari Pengobatan

Kompas.com - 19/01/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi minyak esensial kerdkannoIlustrasi minyak esensial

KOMPAS.com - Penggunaan minyak esensial (essential oil) semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya disukai karena aromanya yang wangi, banyak orang percaya minyak esensial juga punya manfaat pengobatan.

Menurut ahli minyak esensial dan penulis buku "Essential Oils Every Day", Hope Gillerman menjelaskan, minyak esensial adalah cairan aromatik yang diekstraksi secara eksklusif melalui penyulingan uap dari bunga aromatik, pohon, buah-buahan, rumput, daun, dan resin pohon.

"Cairan intens ini sangat terkonsentrasi dan menguap begitu cepat, sehingga kita dapat mencium baunya dari seberang ruangan," terangnya.

Dibutuhkan lavender sebanyak satu lapangan sepak bola untuk membuat dua galon minyak esensial dan membutuhkan enam lusin mawar untuk membuat satu tetes minyak esensial.

Pengobatan herbal

Sering kali ketika mendengar "minyak esensial" kita hanya memikirkan tentang aroma.

Namun, minyak ini dapat menawarkan lebih dari alternatif wewangian. Misalnya, beberapa orang telah berhasil menggunakannya untuk mengurangi gejala alergi.

Baca juga: Tips Aman Penggunaan Minyak Esensial untuk Bayi

Tetapi ada begitu banyak minyak esensial yang perlu digunakan dengan sangat berhati-hati.

" Minyak esensial lebih dari sekadar aroma. Minyak esensial adalah obat herbal dalam bentuk yang paling terkonsentrasi," ungkapnya.

Gillerman mencatat, orang-orang telah menggunakan minyak esensial selama ribuan tahun untuk berbagai hal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X