6 Solusi agar Kasur Selalu Bersih dan Bebas Tungau

Kompas.com - 22/01/2021, 08:41 WIB
Ilustrasi kasur. SHUTTERSTOCK/New AfricaIlustrasi kasur.

KOMPAS.com — Iklim di Indonesia yang cenderung panas dan lembap membuat perabotan di rumah juga rentan lembap dan menjadi sarang berkembang biaknya bakteri.

Khususnya pada tempat tidur yang biasanya terletak dalam kamar yang sirkulasi udaranya kurang baik, sehingga semakin rentan terhadap tungau debu, dan serangga lain yang dapat menyebabkan alergi kulit, gatal, dan bahkan asma.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga tempat tidur agar terus bersih dan membuat nyaman saat tidur.

Baca juga: Simak, Cara Menghilangkan Bau Lembab pada Kasur

Berikut adalah enam solusi agar tempat tidur tetap bersih:

1. Jaga kelembapan sampai tingkat tertentu di rumah

Tungau debu dan nyamuk menyukai lingkungan yang lembap. Ketika kelembapan dalam ruangan tinggi dan kasur serta seprai tertutup keringat manusia, maka tungau debu dan bakteri akan berkembang biak secara terus-menerus.

Sebaliknya, tungau dan debu tidak akan bertahan lama pada permukaan yang kering.
Untuk itu, penting menjaga tingkat kelembapan dalam ruangan agar tetap kering. Kamu bisa menggunakan dehumidifier dan bahan penyerap kelembaban untuk menjaga kelembaban dalam ruangan di bawah 55 persen.

Dengan begitu, tungau dan debu tak akan lama bertahan di kamar.

Baca juga: Agar Rumah Sehat, Simak 4 Cara Basmi Tungau Debu

2. Ganti alas tidur setiap dua minggu

Seprai, quilt cover, dan sarung bantal, paling sering bersentuhan dengan kulit kita. Keringat atau air liur dapat membasahi produk ini.

Bahan organik yang dikeluarkan oleh tubuh manusia ini menjadi tempat berkembang biaknya bakteri di musim panas. Karena itu, kamu disarankan untuk rajin mengganti tempat tidur setidaknya, dua minggu sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Renonation
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X