Agar Alat Pembersih Rumah Tak Jadi Sarang Kuman

Kompas.com - 24/01/2021, 09:38 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah. SHUTTERSTOCK/VGSTOCKSTUDIOIlustrasi membersihkan rumah.

KOMPAS.com— Alat-alat pembersih rumah merupakan senjata kita untuk menjaga rumah nyaman, bersih, dan bebas kotoran. Tentunya alat-alat ini juga harus dijaga kebersihannya.

Sayangnya, pembersih rumah seperti serbet, kain pel, sikat dan spons cuci piring justru menjadi tempat favorit bakteri dan kuman penyebab penyakit untuk berkembang biak.

Hasilnya, kuman dan bakteri justru menyebar ke seluruh rumah saat kamu menggunakannya untuk membersihkan rumah.

Pertumbuhan bakteri

Bakteri senang tumbuh di sela-sela dan tempat yang lembab. Mikroorganisme ini juga sangat mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan dan kondisi. 

Berikut kriteria tempat dan suhu ideal pertumbuhan bakteri:

- Suhu hangat

Bakteri berkembang biak dalam suhu yang hangat, tumbuh paling cepat pada suhu antara 4-60 derajat Celcius. Beberapa bakteri masih dapat bertahan hidup diantara suhu tersebut.

Baca juga: Jangan Lupa Dibersihkan, 10 Barang Ini Banyak Mengandung Kuman

- Kelembaban

Bakteri membutuhkan air untuk memperbanyak diri dan akan mati tanpanya. Sayangnya, serbet, sikat, dan spons sering kali lembap setelah digunakan, sehingga menjadi tempat berlindung yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bobvila
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X