Kompas.com - 29/01/2021, 08:56 WIB
Ilustrasi anak bermain gadget techcrunch.comIlustrasi anak bermain gadget
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah mengubah hubungan antara orang-orang secara drastis, terutama orangtua dan anak-anak usia praremaja (preteens).

Banyak orangtua yang menghadapi peningkatan masalah komunikasi dengan anak praremaja, bahkan kesulitan menemukan jalan tengah.

Di sisi lain, pemakaian gadget yang terbatas ditambah isolasi dari sekolah dan teman-teman membuat sebagian besar anak praremaja merasa stres.

Sehingga, mereka harus berjuang dengan emosi yang tidak dapat dijelaskan. Orangtua pun semakin kesulitan untuk memahaminya.

Nah, berikut ini terdapat langkah-langkah sederhana untuk mengatasi stres pada anak praremaja di masa pandemi.

1. Pahami dengan tenang

Kunci untuk memahami anak praremaja adalah mendengarkan, menghibur, dan meyakinkan mereka, bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Pada saat-saat cemas seperti itu, tanggung jawab orangtua adalah untuk meyakinkan mereka bahwa masa-masa sulit sering berakhir dengan hal-hal baik.

Jadi, kesusahan yang mereka rasakan sekarang akan segera hilang ketika mereka belajar beradaptasi dengan cepat.

Baca juga: Waspadai, 8 Gejala Stres yang Kerap Tak Disadari

2. Membuat jadwal saat libur

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X