Kompas.com - 02/02/2021, 07:08 WIB
Ilustrasi minum kopi shutterstockIlustrasi minum kopi

KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan minum kopi Mengapa demikian?

Suatu studi menemukan, beberapa senyawa yang ada dalam kopi memiliki sifat anti obesitas dan dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Menurut penelitian, wanita yang minum 2-3 cangkir kopi per hari memiliki persentase lemak tubuh total 2,8 persen lebih rendah.

Hal ini berlaku konsisten untuk konsumsi kopi dengan kafein atau tanpa kafein, di antara perokok atau non-perokok, maupun kondisi tubuh dengan penyakit kronis atau dalam keadaan sehat.

Baca juga: Rutin Minum Kopi Turunkan Risiko Kematian, Apa Sebabnya?

Untuk sampai pada hasil ini, peneliti dari National Health and Nutrition Examination Survey melihat hubungan antara konsumsi kopi harian dengan persentase lemak tubuh total.

Baik itu lemak perut maupun lemak timbunan di tubuh (adipositas).

Dari penelitian diketahui, wanita berusia 20-44 tahun yang minum dua atau tiga cangkir kopi per hari memiliki tingkat adipositas terendah sebesar 3,4 persen.

Lalu di usia antara 45-69 tahun, wanita yang minum empat cangkir kopi atau lebih memiliki persentase adipositas 4,1 persen lebih rendah.

Namun pada pria, konsumsi kopi harian tidak begitu efektif menurunkan berat badan karena hubungannya kurang signifikan.

Meskipun begitu, pria berusia 20-44 tahun yang minum dua atau tiga cangkir kopi per hari memiliki lemak total 1,3 persen lebih rendah dan lemak tubuh 1,8 persen lebih rendah.

Baca juga: 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi Setiap Hari

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.