Kompas.com - 16/02/2021, 14:14 WIB
Ilustrasi kucing, anak kucing. PIXABAY/SUPER-MAPIOIlustrasi kucing, anak kucing.

KOMPAS.com - Kucing memiliki sejarah panjang sebagai hewan peliharaan yang  bisa meningkatkan suasana hati pemiliknya.

Dan, hal itu mungkin juga berlaku bagi anak-anak dengan spektrum autisme, seperti yang ditunjukkan dalam sebuah penelitian terbaru. 

Ya, sebuah riset kecil menunjukkan, mengadopsi kucing ternyata dapat menjadi semacam "obat" yang membantu mengurangi kecemasan, dan meningkatkan empati pada anak-anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD).

Baca juga: Kucing Suka Dibelai-belai, tapi Jangan Sentuh Bagian Ini...

Seperti yang dipahami, gangguan ASD adalah kondisi yang berhubungan dengan adanya gangguan perkembangan otak pada bagian interaksi sosial dan komunikasi.

"Kucing, dan hewan pendamping pada umumnya, menawarkan penerimaan tanpa syarat dan menjadi teman untuk diajak bicara yang mendengarkan."

"Merawat hewan ini juga dapat membantu tanggung jawab pembelajaran," kata penulis studi Gretchen Carlisle.

Carlisle adalah ilmuwan di Pusat Penelitian Interaksi Manusia-Hewan di Universitas Missouri, di Columbia, Amerika Serikat.

Baca juga: Kucing Suka Membawakan Pemiliknya Bangkai, Ternyata Ini Maksudnya

Disebutkan, dalam penelitian ini ada 11 keluarga yang  =memiliki anak autis antara usia 6-14 tahun yang menjadi responden.

Keluarga tersebut ikut dalam fase penelitian yang berlangsung selama 18 minggu, setelah mengadopsi kucing dari penampungan.

Para peneliti menggunakan keterampilan sosial standar dan skala kecemasan untuk memilih anak-anak yang cenderung merespons hewan peliharaan dengan baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X