Kompas.com - 23/02/2021, 10:35 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com -Menabung kerap kali menjadi lebih mudah diucapkan daripada dilakukan - bahkan jika kita sedang memiliki banyak uang.

Namun, ketika penghasilan rendah atau hidup dengan gaji yang hanya cukup untuk membayar tagihan, menabung tentu menjadi hal yang jauh lebih sulit.

Untungnya, ada cara efektif dan cerdas untuk mengubah hubungan kita dengan uang dan mulai menabung, tanpa harus menunggu mendapat gaji besar.

Baca juga: 5 Langkah Menerapkan Kakeibo, Seni Menabung Ala Orang Jepang

“Untuk orang-orang yang merasa kewalahan saat ini, dan mencoba menemukan cara untuk menabung, penting untuk diingat bahwa ini bukan tentang penghasilan."

"Ini lebih tentang bagaimana mengelola apa yang sudah kita miliki,” kata Bola Sokunbi dari Clever Girl Finance, salah satu platform keuangan pribadi terbesar untuk wanita.

“Lagi pula, kebiasaan ini harus dibangun untuk membangun kekayaan ketika kita sudah menghasilkan lebih banyak uang di masa depan,” lanjut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, bagaimana kita bisa menyisihkan uang, ketika gaji yang kita hasilkan terasa kecil dan bahkan kurang untuk kehidupan sehari-hari?

Menurut Bola Sokunbi, kuncinya adalah melakukan sedikit demi sedikit. Bahkan hal terkecil yang dapat kita sisihkan setiap minggu dapat membuat perbedaan besar seiring berjalannya waktu.

“Tengok kebiasaan belanja kita saat ini, dan melihat apakah ada peluang dalam anggaran tersebut untuk dikurangi,” kata Sokunbi.

Baca juga: Sulit Menabung? Coba Perhatikan Solusi Ini...

"Tanamankan pengertian, saya sedang melalui masa yang sulit sekarang, tapi saya ingin keuangan saya baik,” sebut dia lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.