Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2021, 07:02 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Istilah "modest fashion" rasanya saat ini semakin akrab di telinga kita.

Modest fashion (busana modest) atau busana muslim di Indonesia saat ini semakin berkembang. Bahkan, pengguna busana modest kini tak hanya kelompok perempuan berhijab saja tetapi lebih luas lagi.

Modest fashion dianggap sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif yang punya kontribusi besar pada perekonomian negara.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Co-Founder #Markamarie & Modest Fashion Weeks Franka Soeria mengadakan program "Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFUND) 2021".

Program yang pertama kali diselenggarakan pada 2019 ini akan memberikan pendampingan bagi pemilik brand modest fashion dalam mengembangkan bisnisnya, termasuk peningkatan kapasitas dan akses permodalan.

Nantinya, akan ada 20 brand modest fashion terpilih yang akan mengikuti creative workshop dengan mentor ahli dari bernagai bidang, mulai dari bidang fesyen, keuangan, pemasaran digital, hingga perbankan syariah dan venture capital.

Brand modest fashion terpilih juga berkesempatan mendapatkan pembiayaan melalui pitching kepada lembaga pendanaan dan investor.

Ini tentunya menjadi angin segar untuk para pemilik brand modest fashion, terutama bagi brand yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Desainer Indonesia Bawa Busana Modest Multifungsi ke Pentas Dunia

Melalui program ini, Direktorat Akses Pembiayaan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf berusaha mendukung pelaku bisnis modest fashion dari sisi akses pembiayaan dan investasi.

Lebih jauh lagi, program ini juga merupakan bagian dari dukungan untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.

"Kami ingin melahirkan brand-brand modest yang tangguh dan bisa memimpin, baik di Indonesia maupun ekspor."

"Tentunya untuk sampai ke sana brand-brand ini, terutama yang muda-muda, perlu banyak persiapan, untuk itu kami melibatkan para ahli di bidangnya."

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Hanifah Makarim dalam peluncuran ModestFFFUND 2021, Selasa (23/2/2021).

Program ini terbuka bagi semua pemilik brand modest fashion dari segala kalangan dan platform.

Hanya saja, brand tersebut harus sudah dijalankan secara serius setidaknya salam satu tahun terakhir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com