Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2021, 11:36 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Di antara sekian banyak pilihan jam tangan G-Shock, varian Frogman merupakan salah satu tipe "elite" yang menduduki kasta tersendiri.

Sejak pertama kali diluncurkan di tahun 1993, versi pertama Frogman dengan kode DW6300 ditujukan untuk kebutuhan para penyelam.

Baca juga: Casio Bikin Sederet Jam Tangan G-Shock Tembus Pandang, Seperti Apa?

Lalu, pada tahun 2009 Frogman dengan kode GWF1000 kembali dibuat dengan diameter cangkang asimetris yang lebih besar dari varian sebelumnya. 

Meski produksi Frogman dibikin untuk kebutuhan yang spesifik, namun nyatanya pembiasan segmen pada varian ini terasa begitu besar.

Baca juga: G-Shock Frogman Memang Dirancang untuk Tangan Kiri...

Kedua varian, baik seri DW maupun GWF yang dikenal menggunakan dial full digital, hingga kini masih menjadi primadona bagi para penggila G-Shock.

Bukan penyelam, terlihat Frogman bergeser menjadi jam tangan lifestyle, yang membuat pemakainya mendapat kesan mewah sekaligus macho.

Soal kasta tersendiri yang disebut di atas, hal tersebut bisa terlihat dari harga jual arloji ini yang berada di atas harga rata-rata G-Shock lain.

Khususnya, untuk varian GWF, harganya jualnya relatif tinggi, bahkan di pasar jam tangan second kerap ditemukan penjualan dengan harga yang "menggila".

Memang, dalam pergaulan keseharian di antara para penggemar G-Shock, jam ini -khususnya seri GWF, seolah menunjukkan seberapa tinggi level kegemaran seseorang pada arloji tahan banting asal Jepang tersebut.

Baca juga: Bahan Rapuh Kristal Safir Jadi G-Shock Tangguh di Tangan Kikuo Ibe

Sementara, secara fisik -meski agak sulit dideskripsikan, namun saat kita menyandingkan fisik arloji GWF dengan seri G-Shock lainnya, maka akan terasa jam ini berbeda. Padahal bezel dan strap sama menggunakan resin.

Ada kesan mewah dan elite di balik fungsi ketangguhan yang ditawarkan oleh Frogman dibandingkan G-Shock lainnya.

G-Shock x Royal Navy Frogman

G-Shock Frogman The Royal Navy CASIO G-Shock Frogman The Royal Navy
Dengan citra semacam itu, maka tak heran jika angkatan laut Inggris Raya, Royal Navy mau bergandengan dengan G-Shock untuk membuat sebuah arloji Frogman edisi khusus.

Adalah Kementerian Pertahanan Inggris yang berhasil diyakinkan oleh Casio Electronics, Jepang, untuk mewujudkan sebuah kreasi terbaru, seperti yang diberitakan laman Hypebeast.

Tentu, ada kelebihan dari arloji ini dibandingkan dengan Frogman "biasa".

Ya, G-Shock x Royal Navy Frogman ini menggunakan cangkang monocoque khas G-Shock, namun menggunakan bahan campuran resin dan karbon, untuk melindungi mesinnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com