Kompas.com - 03/03/2021, 13:58 WIB
Ilustrasi membersihkan mesin cuci. SHUTTERSTOCK/ALEKS333Ilustrasi membersihkan mesin cuci.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Membersihkan secara saksama beberapa bagian rumah yang tersembunyi mungkin merupakan pekerjaan yang merepotkan, tetapi kita harus melakukannya.

Sebab, jika diabaikan terlalu lama, penumpukan kotoran di tempat yang salah dapat menyebabkan kerusakan, atau bahkan bencana rumah seperti kebakaran maupun banjir.

Berikut adalah enam benda penting yang harus dibersihkan secara teratur untuk menghindari masalah yang lebih besar.

1. Kondensor kulkas

Kondensor yang berdebu membuat kulkas bekerja lebih keras, sehingga membuatnya kurang hemat energi dan memperpendek masa pakainya.

Perhatikan bahwa beberapa kulkas memerlukan teknik pembersihan sendiri secara khusus, sedangkan yang lainnya harus dibersihkan oleh seorang profesional.

Bersihkan kondensor kulkas dua kali setahun dan lebih sering jika kita memiliki hewan peliharaan.

Sebelum melakukannya, temukan kondensor yang biasanya ditutupi oleh panel di bagian depan bawah atau di belakang kulkas.

Cabut kulkas atau matikan listrik. Kemudian, pindahkan isi kulkas untuk meringankan beban dan memberi kesempatan membersihkannya sekaligus.

Kita dapat membersihkan debu yang ada di kondensor dan kipas freezer dengan menggunakan alat vakum.

Baca juga: Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Agar Tetap Awet

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X