Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Agar Tetap Awet

Kompas.com - 29/10/2020, 07:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menemukan bahan makanan yang membusuk di dalam kulkas tentunya tidak menyenangkan. Sayangnya hal ini sering terjadi.

Dalam studi tahun 2017 yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Nasional (NEA) di AS, 24 persen dari 443 rumah tangga yang disurvei mengatakan bahwa mereka sering membuang makanan busuk dari kulkas.

Hal ini disebabkan oleh dua alasan utama, yakni membeli bahan makanan terlalu banyak dan ada beberapa makanan yang lupa dipakai karena terdorong ke tempat yang tersembunyi.

NEA juga mencatat, jumlah limbah makanan telah meningkat sekitar 40 persen selama 10 tahun terakhir.

Karenanya disarankan jangan membeli makanan yang mudah rusak dalam jumlah besar. Walau awalnya terlihat menghemat dengan membeli lebih banyak, tetapi kemungkinan kita akan membuangnya tanpa digunakan.

Maka dari itu, sebelum pergi berbelanja, sebaiknya kita merencanakan makanan yang akan dimasak dan membeli bahan-bahan secukupnya.

Beberapa resep online pun biasanya memperhitungkan bahan sehingga kita dapat menyesuaikan jumlah dengan kebutuhan di rumah.

Selain itu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar jangan terlalu sering membuang makanan yang disimpan di kulkas. Apa saja?

Pastikan kulkas cukup dingin

Suhu kulkas yang baik berkisar antara nol dan 4 derajat Celsius.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X