Kompas.com - 12/03/2021, 11:17 WIB
Wawancara Pangeran Harry dan istrinya Meghan bersama Oprah Winfrey menjadi tahuk utama surat kabar harian Inggris pada Senin (8/3/2021). AFP PHOTO/GLYN KIRKWawancara Pangeran Harry dan istrinya Meghan bersama Oprah Winfrey menjadi tahuk utama surat kabar harian Inggris pada Senin (8/3/2021).

KOMPAS.com - Satu hal yang cukup mencuri perhatian khalayak dalam wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry bersama Oprah Winfrey adalah fakta bahwa Meghan juga menghadapi masalah kesehatan mental selama tinggal di istana.

Banyak orang mengatakan bahwa kisah Meghan tersebut mirip dengan pengalaman yang pernah diuraikan oleh Putri Diana pada 26 tahun yang lalu.

Di tahun 1995, Diana melakukan sebuah wawancara khusus dengan Martin Bashir untuk BBC Panorama.

Dia menceritakan masalah kesehatan mentalnya, mulai dari gangguan makan, pemikiran melukai diri sendiri, hingga bagaimana disinformasi media digunakan untuk merusak reputasinya di mata publik.

Selama dua jam wawancara yang disiarkan stasiun televisi CBS, Meghan mengungkapkan dirinya juga mengalami penurunan kesehatan mental yang menyebabkan pikiran untuk bunuh diri.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Akan Selidiki Orang yang Berkomentar soal Warna Kulit Anak Meghan Markle

Menurut dia, itu merupakan dampak dari rasisme, dinamika hidup di lingkungan keluarga kerajaan, serta hubungan yang kurang baik dengan media di Inggris.

Meghan juga memberi tahu Oprah bahwa dia mencari bantuan dari teman Diana yang dapat memahami situasinya yang unik tersebut.

"Salah satu orang yang saya hubungi adalah sahabat ibu suami saya, sahabat terbaik Diana," katanya kepada Oprah.

Dalam wawancara itu, Harry pun mengakui kesamaan antara pengalaman Meghan dengan mendiang ibu. Ketakutan terbesarnya adalah sejarah dapat terulang kembali yang mengacu pada kematian Diana di tahun 1997.

Meghan dan Diana sama-sama membagikan perasaan kesepian setelah pernikahan mereka mengundang perhatian media yang meningkat secara drastis.

Baca juga: Pro-kontra Respons Warga Inggris soal Blak-blakannya Meghan dan Pangeran Harry

Meskipun beberapa kali melakukan perjalanan ke luar istana, sorotan media membuat kedua wanita itu merasa terisolasi dan tidak memiliki kehidupan sosial yang baik seperti sebelumnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.