Kompas.com - 12/03/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi tanaman rosemary di dalam pot. SHUTTERSTOCK/ANTIGONI LEKKAIlustrasi tanaman rosemary di dalam pot.

KOMPAS.com - Oregano, basil dan rosemary adalah rempah khas yang wajib ada dalam menu masakan Eropa. Sayangnya, harganya cukup mahal dan tidak mudah ditemukan di pasaran.

Dalam masa pandemi ini, sesekali pasti rindu ingin bersantap ala Eropa. Sayangnya kini berkunjung ke restoran memiliki risiko kesehatan yang tidak bisa diabaikan.

Alternatif yang bisa dicoba mungkin adalah memasak menu tersebut di rumah. Sudah banyak resep makanan barat yang bertebaran di internet.

Selain itu bumbu makanan barat tidak serumit makanan khas Indonesia. Biasanya rempah yang diperlukan lebih sederhana dengan proses memasak yang juga mudah.

Sayangnya dedaunan itu tidak mudah dijumpai di pasaran. Jika pun ada, biasanya harganya relatif mahal.

Sebenarnya kini juga sudah tersedia banyak rempah kering namun rasa dan aromanya pasti berbeda. Agar lebih mudah di kemudian hari, tak ada salahnya kita punya kebun rempah sendiri di rumah.

Bayangkan betapa nikmat sajian bersama keluarga nantinya dengan rempah yang baru dipetik ini. Berikut ini adalah 5 tanaman rempah Eropa yang bisa ditanam di rumah sebagaimana dilansir dari akun Instagram iplant.id antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Thyme

Ilustrasi thyme.shutterstock Ilustrasi thyme.
Tanaman ini biasanya dipakai di resep Mediterania untuk olahan daging. Umumnya dipakai sebagai penyedap rasa bersamaan dengan bawang bombay dan daun bawang.

Tumbuhan ini cocok ditanam sendiri karena dapat bertahan di tempat kering. Letakkan di bawah sinar matahari dan lengkapi dengan sistem drainase yang baik.

Media tanamnya bisa menggunakan campuran tanah, pasir, sekam dan kompos. Jika sudah tumbuh dengan sehat, tanaman ini bisa dipanen dalam waktu sekitar 70 sampai 85 hari.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.