Kompas.com - 18/03/2021, 11:18 WIB
Ilustrasi anjing shutterstockIlustrasi anjing
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hewan peliharaan, terutama anjing, memang suka bermanja-manja hingga mengikuti kemana pun Anda pergi.

Anjing memiliki insting menganggap tuannya seperti kawanannya. Namun, jika ia mengikuti Anda secara berlebihan, ternyata ada penyebabnya, lho. 

Jika Anda mendapati anjing melakukan hal ini secara berlebihan, atau jika disertai dengan perilaku mengganggu lainnya, mungkin ada masalah yang mendasarinya.

Perilaku ini mungkin terjadi jika anjing baru mengenal tuannya. Anda mungkin baru mengadopsinya, yang mana bisa saja anjing itu memiliki riwayat pelecehan atau penelantaran, atau takut akan sesuatu.

Jika tindakan ini terus berlanjut dan menghalangi cara anjing berinteraksi atau melakukan kegiatan lainnya, mungkin sudah waktunya untuk mengkonsultasikan ini ke dokter hewan.

Biasanya, beberapa pelatihan, teknik menenangkan, atau terapi perilaku dapat membantu meredakan anjing dalam waktu singkat.

Begitu anjing tahu bahwa ia berada di lingkungan yang aman dan  tidak akan ditinggalkan, kebanyakan anjing akan rileks dan tidak lagi mengikuti setiap gerakan Anda.

Baca juga: Mengapa Anjing Melolong? Mungkin Ini 3 Alasannya...

Alasan anjing mengikuti tuannya

Ada banyak alasan mengapa anjing mengikuti tuannya. Alasan secara umum adalah karena anjing telah jinak.

Itu merupakan bentuk kesetiaan dan ikatan kekeluargaan yang tercipta dengan manusia yang memberikan perhatian dan kenyamanan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Treehugger
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.