Kompas.com - 20/03/2021, 17:15 WIB
Ilustrasi menulis SHUTTERSTOCK/ Have a nice day PhotoIlustrasi menulis

KOMPAS.com - Tulisan tangan bisa menjadi gambaran kepribadian seseorang jika ditilik dari ilmu grafologi. Ada lima hal yang dijadikan indikator karakter orang tersebut dari tulisan tangannya.

Ilmu yang merupakan cabang dari psikologi ini dipercaya dapat memberikan gambaran karakter dengan cukup akurat. Selain itu, banyak pula yang menjadikannya dasar untuk menguji kesehatan mentalnya.

John Beck, founder dari British Institute of Graphologist mengatakan, jika ilmu ini berusaha menginterpretasikan simbol yang muncul dalam tulisan tangan untuk menggambarkan kondisi psikologis seseorang.

"Ada perbedaan dari setiap gaya tulisan yang menjadi pembeda pola kepribadian seseorang," terang praktisi yang berpengalaman selama lebih dari 40 tahun ini.

Baca juga: Tulisan Tangan Bisa Jadi Indikasi Kecenderungan Berselingkuh

Meski demikian, gaya tulisan tangan ini hanya bisa dinilai dari alafabet latin dan Romawi.

Ia menjelaskan jika ada 5 hal yang bisa jadi indikator utama antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Ukuran

Ukuran huruf berkaitan dengan pengakuan yang diinginkan oleh seseorang. Penulis dengan kecenderungan huruf besar suka diperhatikan dan capaian status sosial.

Sebaliknya, huruf kecil menunjukkan kecenderungan seseorang tidak suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, karakter ini juga lebih suka menganalisis berbagai hal di sekitarnya.

  • Spasi

Beck menyebutkan jika jarak antar huruf dapat menggambarkan persepsi penulis akan dunia dan kecenderungan perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Huruf yang saling berdekatan menandakan penulis yang lebih intuitif dan cerdas. Sedankan spasi yang lebih lebar menunjukkan karakter seseorang yang lebih hati-hati dan logis.

Baca juga: Camilan Favorit Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang, Kok Bisa?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.