Kompas.com - 23/03/2021, 08:09 WIB

KOMPAS.com - Hubungan persaudaraan antara kakak dan adik bisa begitu rumit, terkadang menjadi teman dekat atau sebaliknya menjadi musuh.

Hal ini tentu saja merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh orangtua, khususnya di masa pandemi yang mungkin dapat menciptakan lebih banyak ketegangan.

"Langkah pertama adalah menyadari anak-anak memang sering melihat saudara kandung sebagai musuh atau pesaingnya," demikian dikatakan terang psikolog klinis, Rebecca Kennedy.

Baca juga: Bermain Catur Dapat Melatih Anak Mengambil Risiko

"Dalam beberapa hal, mereka bersaing untuk mendapatkan sumber perhatian seperti kasih sayang orangtua yang mungkin jarang didapatkan," lanjut dia.

Nah, untuk menghindari pertengkaran pada anak-anak, berikut ini terdapat beberapa kiat yang dapat digunakan orangtua untuk membuat anak-anak lebih akur di rumah.

1. Tentukan waktu berbicara empat mata dengan setiap anak

Satu hal yang dapat dilakukan orangtua untuk meredakan kecemburuan dan daya saing pada anak-anaknya adalah dengan melihat setiap anak apa adanya.

"Bantulah setiap anak merasa dihargai dalam keunikannya," ujar dia.

Janine Domingues, seorang psikolog klinis di Child Mind Institute mengatakan, orangtua perlu menghabiskan waktu berkualitas dengan setiap anak.

Dia menyarankan agar orangtua dapat menetapkan jadwal untuk berbicara empat mata dengan masing-masing anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.