Kompas.com - 24/03/2021, 18:36 WIB
Ilustrasi makan makanan sehat. shutterstockIlustrasi makan makanan sehat.

KOMPAS.com - Menjaga pola makan menjadi salah satu kunci untuk tetap tampil awet muda. Jika masih sulit untuk menerapkan diet khusus, tak ada salahnya rutin mengkonsumsi beberapa buah yang terbukti dapat mencegah penuaan.

Makanan yang kita konsumsi sangat berdampak pada kesehatan dan kondisi tubuh. Gaya makan tertentu dipercaya dapat membuat kita tetap awet muda meski usia bertambah.

Diet vegan, misalnya, dipercaya bisa membuat penampilan tetap seperti sedia kala tanpa banyak kerutan.

Tak heran sejumlah pesohor kerap menjaga pola makannya dengan ketat seperti yang dilakukan Sophia Latjuba atau Jennifer Lopez.

Sayangnya cara ini tidak selalu mudah dilakukan bagi orang biasa. Ada pertimbangan soal biaya, aktivitas sehari-hari yang padat, serta kesulitan untuk menyusun menu yang sesuai.

Jika sudah begitu, tak ada salahnya mencoba memulai kebiasaan baik dengan hal yang kecil seperti rutin mengkonsumsi buah dan sayuran.

Baca juga: 7 Kebiasaan Penting yang Bikin Kulit Wajah Awet Muda

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada beberapa jenis makanan ini yang sangat berkhasiat sekaligus mudah ditemukan di dapur rumah kita antara lain:

  • Ubi ungu

Ilustrasi ubi ungu. Ubi ungu adalah ubi jalar yang mengandung beta karoten yang memiliki manfaat sebagai antioksidan.FREEPIK/JCOMP Ilustrasi ubi ungu. Ubi ungu adalah ubi jalar yang mengandung beta karoten yang memiliki manfaat sebagai antioksidan.
Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan mudah hanya dengan direbus atau dikukus. Citarasanya yang manis membuat jadi santapan yang lezat sebagai makanan utama atau camilan.

Ubi ungu kaya akan antosianin, senyawa yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit terkait gaya hidup, termasuk kanker. Zat ini juga memiliki manfaat sebagai antioksidan sehingga dapat memicu penuaan dini.

Baca juga: Jangan Remehkan Manfaat Nutrisi Ubi Jalar

  • Wortel

Ilustrasi wortel. Ilustrasi wortel.
Mengacu pada riset Nutrients, sayuran ini dapat meningkatkan produksi kolagen karena kaya karotenoid. Karena itu manfaatnya sangat terasa untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X