Kompas.com - 26/03/2021, 12:13 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kekalahan Jepang pada Perang Dunia ke-dua membuat warganya kehilangan semangat, beberapa bahkan mengalami masalah mental.

Bangsa yang semula sangat bangga dengan kekuatan militer dan memiliki kaisar keturunan Dewa itu dipaksa menyerah oleh tentara sekutu.

Untunglah masih ada beberapa orang yang tidak terpuruk, bahkan berusaha tetap maju. Salah satunya adalah veteran perang berusia 32 tahun bernama Kihachiro Onitsuka.

Pria asal Kobe itu ingin mengalihkan perhatian para pemuda dari bayang-bayang kelam peperangan agar bangkit lewat olahraga. Maka pada tahun 1949, Onitsuka membuat sepatu yang dinamai Tiger, yang lalu menjadi brand Onitsuka Tiger.

Kihachiro Onitsuka percaya bahwa seseorang yang tubuhnya sehat, akan memiliki jiwa dan mental yang sehat juga. Ia yakin olahraga bisa membuat orang menjadi sehat bukan saja secara fisik, namun juga mental.

Baca juga: Kisah Unik Lahir dan Bangkitnya Onitsuka Tiger

Karenanya ketika Onitsuka Tiger bergabung dengan beberapa brand lain tahun 1977, nama yang dipakai Kihachiro untuk merek barunya adalah ASICS, singkatan dari Anima Sana In Corpore Sano, atau dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ajakan ASICS untuk berolahraga menyambut matahari terbitshutterstock ajakan ASICS untuk berolahraga menyambut matahari terbit
ASICS sendiri berkembang menjadi brand olahraga yang besar dengan berbagai produk yang dipakai di seluruh dunia.

Nah, mengingat lagi ke akar sejarahnya, kini ASICS memperkenalkan kembali komitmennya dalam menggerakan semangat untuk menjaga kesehatan raga dan mental melalui “Sound Mind, Sound Body” alias jiwa sehat, badan sehat.

Inisiasi yang meyakini olahraga dapat membawa harapan agar menjadi lebih optimis dan bersemangat dalam menjalani hari, tersebut mengajak kita memulai bergerak aktif saat matahari terbit.

“Bersama dengan “Sound Mind, Sound Body”, ASICS mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dengan memulai bergerak aktif saat matahari terbit, agar dapat membantu membangun semangat lebih positif dalam menjalani hari."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.