Kompas.com - 31/03/2021, 09:06 WIB
 Ilustrasi hubungan seks pada pagi hari. SHUTTERSTOCK/AIMPIX Ilustrasi hubungan seks pada pagi hari.

KOMPAS.com - Kondom beraroma disarankan hanya dipakai pasangan saat melakukan oral seks. Pasalnya produk ini mengandung gula yang dapat mengganggu kadar pH vagina perempuan.

Kondom berbagai rasa dapat menambah kenikmatan saat berhubungan seksual. Kini tersedia berbagai rasa di pasaran termasuk rasa mie goreng, cimol dan kopi susu yang belum lama ini dirilis.

Baca juga: Local Pride, Kini Tersedia Kondom Rasa Mie Goreng, Cimol dan Kopi Susu

Untuk diketahui, flavored condom diproduksi dengan menambahkan rasa di permukaannya sebagai keunggulannya. Rasa ini didapatkan dengan tambahan gula sebagai bahan baku utamanya.

Selain itu, adapula perasa tambahan yang diformulasikan secara kimia untuk mendapatkan citarasa tersebut. Gula ini, baik alami maupun buatan, tidak baik jika berada di dalam vagina.

Karena itulah penggunaan kondom beraroma tidak direkomendasikan untuk penetrasi vagina. Pasalnya ini dapat mengganggu keseimbangan pH vagina sehingga menyebabkan infeksi jamur dan vaginosis bakterial.

Frisco Institute for Reproductive Medicine and Maria Sophocles menyatakan jika kadar pH vagina yang sehat 3,8 sampai 4,5.

Kadar pH 7 dianggap sebagai sesuatu yang netral, sedangkan di bawah 7 dianggap asam dan di atasnya dikategorikan basa.

Tiffany Gaines, CEO Lovability, perusahaan yang memproduksi kondom di Amerika Serikat mengatakan ia tidak menyarankan flavored condom selain untuk oral seks.

"Kami mendorong pelanggan kami untuk memilih kondom tanpa rasa dan tanpa pewangi dengan sesedikit mungkin bahan tambahan," ujarnya seperti dilansir dari Bustle pada Rabu (31/03/2021).

Selain itu, bahan kimia itu juga bisa berbahaya dan mengiritasi dinding vagina. Biasanya ini ditandai dengan rasa gatal dan terbakar di organ intim itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.