Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2021, 14:42 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Parkinson merupakan penyakit dimana kondisi neurologis atau saraf memburuk dan memengaruhi pergerakan penderitanya.

Mengontrol makan dengan mengubah pola makan yang lebih sehat adalah pilihan yang baik bagi penderita parkinson. Diet parkinson ini juga dapat membantu mengurangi gejalanya. 

Parkinson bisa menyerang siapa saja, namun penyakit ini 50 persen lebih banyak dialami pria dibanding wanita.

National Institutes of Health (NIH) menunjukkan bahwa, di Amerika Serikat, sekitar 50.000 orang didiagnosis Parkinson setiap tahun.

Baca juga: Kenali, Gejala Penyakit Parkinson dan Penanganannya

Untuk itu, kamu bisa menyimak menu makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi gejala parkinson yang dilansir dari Medical News Today:

1. Minyak ikan dan asam lemak omega-3

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu memperlambat perkembangan parkinson.

Lalu, sebuah riset mengungkapkan bahwa lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan saraf, meningkatkan transmisi saraf, dan memperlambat degenerasi saraf.

Oleh karena itu, mengonsumsi lebih banyak ikan yang kaya omega-3 atau mengonsumsi suplemen omega-3 dapat bermanfaat bagi penderita parkinson.

Ikan dan makanan laut yang mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi meliputi: ikan kembung, ikan salmon, ikan haring, tiram, sarden, dan teri.

Minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi otak dan membantu memperlambat laju penurunan kognitif.

Selain memiliki manfaat langsung bagi menderita parkinson, asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi risiko demensia. Ini juga merupakan salah satu dari gejala sekunder parkinson.

2. Kacang Fava

Obat yang paling efektif untuk penderita parkinson adalah levodopa, yang terkandung pada kacang fava. Kacang fava merupakan kacang yang menyerupai kacang polong.

Belum banyak penelitian tentang khasiat kacang fava dalam memperlambat perkembangan Parkinson.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com