Kompas.com - 01/04/2021, 14:42 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Parkinson merupakan penyakit dimana kondisi neurologis atau saraf memburuk dan memengaruhi pergerakan penderitanya.

Mengontrol makan dengan mengubah pola makan yang lebih sehat adalah pilihan yang baik bagi penderita parkinson. Diet parkinson ini juga dapat membantu mengurangi gejalanya. 

Parkinson bisa menyerang siapa saja, namun penyakit ini 50 persen lebih banyak dialami pria dibanding wanita.

National Institutes of Health (NIH) menunjukkan bahwa, di Amerika Serikat, sekitar 50.000 orang didiagnosis Parkinson setiap tahun.

Baca juga: Kenali, Gejala Penyakit Parkinson dan Penanganannya

Untuk itu, kamu bisa menyimak menu makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi gejala parkinson yang dilansir dari Medical News Today:

1. Minyak ikan dan asam lemak omega-3

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu memperlambat perkembangan parkinson.

Lalu, sebuah riset mengungkapkan bahwa lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan saraf, meningkatkan transmisi saraf, dan memperlambat degenerasi saraf.

Oleh karena itu, mengonsumsi lebih banyak ikan yang kaya omega-3 atau mengonsumsi suplemen omega-3 dapat bermanfaat bagi penderita parkinson.

Ikan dan makanan laut yang mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi meliputi: ikan kembung, ikan salmon, ikan haring, tiram, sarden, dan teri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.