Kompas.com - 01/04/2021, 20:34 WIB
Anak yang tertutup atau introvert sering kali lebih memilih melakukan aktivitas sendiri. SHUTTERSTOCK/ISSARET YATSOMBOONAnak yang tertutup atau introvert sering kali lebih memilih melakukan aktivitas sendiri.

KOMPAS.com - Bersosialisasi adalah hal yang sangat penting untuk seorang anak atau remaja. Apalagi, masa remaja adalah saatnya anak menemukan jati dirinya.

Tapi, anak dengan kepribadian tertutup (introvert) mungkun tidak memiliki banyak teman seperti anak seusianya yang lain.

Kepribadian ini sering disamakan dengan anak yang malu, padahal keduanya berbeda.

Orangtua mungkin sekadar melihat anaknya tidak bersosialisasi sebanyak anak lain dan anak tersebut lebih suka beraktivitas sendiri daripada bersama teman.

Jika Anda memiliki anak dengan kepribadian tertutup, ada beberapa cara menghadapi anak berkepribadian tertutup untuk Anda terapkan sehingga anak lebih mau "keluar", tanpa harus mengubah jati dirinya.

1. Memahami kepribadiannya

Pertama, pahami dulu tentang kepribadian tertutup ini. Ini akan membantu Anda sebagai orangtua mampu membedakan mana perilaku yang normal dan tidak.

Orang-orang sering khawatir bahwa seorang anak yang menghabiskan waktu sendirian dan tidak mau membicarakan tentang perasaannya adalah tanda bahwa anak sedang mengalami tekanan emosional, seperti depresi.

Hal itu bisa saja merupakan tanda depresi, tetapi dalam hal ini, yang kita cari adalah perubahan pola perilaku.

Introvert bukanlah respons terhadap pengaruh luar, melainkan ciri kepribadian seseorang.

Dengan kata lain, anak yang sebelumnya ekspresif dan supel namun tiba-tiba menjadi pendiam tidak berarti menjadi seorang introvert.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X