Kompas.com - 05/04/2021, 16:18 WIB
Ilustrasi psoriasis shutterstockIlustrasi psoriasis

KOMPAS.com - Psoriasis merupakan penyakit kulit yang sulit disembuhkan dan butuh perawatan jangka panjang. 

Penyakit ini ditandai dengan kulit kering disertai ruam, bersisik, tebal dan mudah terkelupas. Bukan hanya mengganggu penampilan, kemunculannya juga disertai dengan rasa nyeri dan gatal berkepanjangan.

Tatyana Nektalova, M.D., dari Spring Street Dermatology di New York mengatakan psoriasis bisa menjadi kondisi kulit kronis yang dialami seumur hidup seseorang. Ruam ini bisa muncul kapan saja sehingga perawatan rutin sangat dibutuhkan.

Biasanya ini muncul pada bagian tubuh seperti lutut dan siku meskipun juga bisa timbul di berbagai sisi lainnya seperti kulit kepala yang menyebabkan ketombe.

Baca juga: Kenali Jenis dan Gejala Penyakit Kulit Autoimun Psoriasis

Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan penyebabnya maupun cara mengobatinya. Namun, tak perlu risau, kita bisa tetap beraktivitas normal dengan berbagai tips ini:

  • Gunakan pisau dan krim cukur

Ketika bercak penyakit ini muncul di area tubuh yang berbulu seperti betis, sebaiknya segera cukur area tersebut. Hindari iritasi dengan mengaplikasikan krim cukur sebelumnya.

Area yang terbuka bebas bulu membuat kulit lebih mudah sembuh. Untuk perawatannya, bisa menggunakan krim dari dokter atau pelembab yang kita miliki.

  • Keramas dengan sampo asam salisilat

Dalam beberapa kasus, ruam kulit juga bisa muncul di kulit kepala dan tak kalah menyakitkan. Keramas dengan produk sampo berbahan asam salisilat dipercaya dapat membantu mengelupas serpihan dan menenangkan iritasi.

Dr Corey Hartman, dermatologi dari Universitas Alabama, Amerika Serikat menyarankan keramas setiap pagi hari setelah menggunakan salep khusus agarnya hasilnya lebih efektif.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Perawatan Rumahan

  • Pilih pelembab mengandung ceramide

Penderita penyakit kulit ini harus menggunakan pelembab yang tebal sekaligus lembut untuk menghilangkan iritasi. Gunakan krim dengan kandungan ceramide yang dapat membangun perlindungan kulit secara alami.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X