Kompas.com - 14/04/2021, 17:21 WIB
ilustrasi kondisi keuangan sedang kacau Shutterstockilustrasi kondisi keuangan sedang kacau

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan menjadi salah satu periode ketika pengeluaran bertambah. Meski tahun ini Ramadhan masih akan dilalui dengan aktivitas di rumah sebaiknya tetap atur  keuangan dengan baik.

Dalam survei yang dilakukan layanan keuangan digital Ovo terungkap, 6 dari 10 orang mengaku sulit mengatur keuangan selama Ramadhan. Terlebih karena pandemi membuat kebutuhan cenderung lebih banyak.

Sementara itu, sebanyak 52 persen orang menggunakan dana darurat yang ditarik dari tabungan atau investasi guna memenuhi kebutuhan saat Ramadhan.

Berdasarkan hasil survei tersebut, perencana keuangan, Lolita Setyawati mengungkapkan bahwa mayoritas masyarakat masih sulit mengatur pengelolaan keuangan.

Baca juga: 5 Strategi Mengatur Keuangan Hadapi Tantangan Ekonomi di Masa Pandemi

"Kesalahan yang sering kali dilakukan saat bulan Ramadhan antara lain tidak membuat perencanaan atau anggaran dan tidak mencatat pengeluaran."

Demikian penuturan Lolita dalam konferensi pers virtual bersama Ovo, Selasa (13/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia juga menambahkan, banyak orang yang mudah tergoda terhadap keinginannya dan menggunakan sumber dana yang seharusnya tidak boleh dipakai demi menunjang gaya hidup saat Ramadhan.

"Karena selama pandemi ini buka bersama (bukber) di luar rumah ditiadakan, orang-orang cenderung membeli makanan secara berlebihan atau membeli baju untuk menyambut Ramadhan virtual," terangnya.

Di samping itu, selama bulan Ramadhan juga terdapat beberapa pengeluaran tambahan seperti zakat, memberikan bingkisan baik untuk keluarga maupun kerabat, dan memberikan THR jika memiliki pegawai di rumah.

Baca juga: 6 Langkah Mengubah Kebiasaan Biar Enggak Boros Belanja

Tips agar tidak boros

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.