Kompas.com - 18/04/2021, 16:29 WIB
Pangeran Inggris William, kiri, dan Pangeran Harry mengikuti peti mati saat perlahan-lahan berjalan dalam prosesi seremonial selama pemakaman Pangeran Philip Inggris di dalam Kastil Windsor di Windsor, Inggris, Sabtu, 17 April 2021 AP PHOTO/ GARETH FULLERPangeran Inggris William, kiri, dan Pangeran Harry mengikuti peti mati saat perlahan-lahan berjalan dalam prosesi seremonial selama pemakaman Pangeran Philip Inggris di dalam Kastil Windsor di Windsor, Inggris, Sabtu, 17 April 2021

KOMPAS.com - Interaksi Pangeran Harry dan Pangeran William menjadi salah satu yang amat ditunggu publik dalam prosesi pemakaman kakeknya, Pangeran Philip.

Hubungan kakak adik ini sempat dikabarkan menjauh pasca Pangeran Harry mengundurkan diri sebagai anggota kerjaan dan pindah ke Amerika Serikat.

Meski tak pernah dikonfirmasi, banyak kabar soal konflik yang melibatkan kedua putra mendiang Putri Diana ini. Khususnya sejak kehadiran Meghan Markle dalam kehidupan Pangeran Harry.

Ada banyak hal yang menjadi sumbernya seperti keputusan mendadak Harry melepas status bangsawan dan wawancara terbukanya dengan Oprah Winfrey yang dianggap mengumbar urusan keluarga.

Baca juga: Kerinduan Pangeran William terhadap Pangeran Harry

Demikian pula dengan perseteruan yang dikabarkan terjadi antara Kate Middleton dan Meghan Markel, istri masing-masing, yang memengaruhi kedekatan putra Pangeran Charles ini.

Namun, perselisihan ini sepertinya menguap saat proses penguburan Pangeran Philip yang digelar di Kapel St. George Kastil Windsor pada Sabtu (17/04/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kakak adik dengan selisih usia dua tahun ini terlihat berbincang dengan akrab ketika berjalan bersama usai acara. Bersama mereka hadir pula Kate Middleton dalam obrolan yang terlihat hangat seperti sedia kala itu.

Meski wajah mereka tertutupi masker, gerak tubuh ketiganya menunjukkan gestur positif untuk pertemuan kembali setelah sekian lama.

Dikutip dari Harper Bazaar, ketiganya saat itu dalam perjalanan untuk memberikan penghormatan pribadi pada mendiang kakeknya.

Baca juga: Ratu Elizabeth Hapus Air Mata Sebelum Upacara Pemakaman Pangeran Philip

Berjalan kaki

Pangeran Harry dan Pangeran William sebelumnya berjalan kaki bersama rombongan mengiringi peti mati kakeknya dibawa ke kapel. Alih-alih berjalan bersebelahan seperti diprediksi banyak orang, posisi keduanya terpisah.

Meski berada dalam baris yang sejajar, sepupu mereka, Peter Phillips berjalan di tengah keduanya.

Pengaturan ini dikabarkan dilakukan Ratu Elizabeth II untuk menengahi situasi yang tidak nyaman diantara keduanya. Namun hal ini belakangan dibantah oleh pihak istana, sebaliknya pengaturan dilakukan dengan pertimbangan praktis belaka.

Pangeran Harry hanya hadir sendiri dalam proses pemakanan kakeknya ini. Ia pulang ke tanah airnya tanpa didampingi oleh Meghan Markle maupun putranya, Archie.

Baca juga: Pangeran William dan Pangeran Harry Kembali Terlihat Akur



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.