Kompas.com - 21/04/2021, 16:07 WIB
Ilustrasi orangtua di Jepang kerap mendorong anak mereka melakukan aktivitas fisik. iSTOCK/anurakpongIlustrasi orangtua di Jepang kerap mendorong anak mereka melakukan aktivitas fisik.

KOMPAS.com - Mengajarkan anak untuk menjadi patuh memiliki banyak manfaat bagi orangtua. Karena anak yang patuh akan menunjukkan rasa hormat serta mau mendengarkan orangtua.

Anak yang patuh bukan berarti kita bisa memaksanya melakukan sesuatu semau orangtua.

Belajar kepatuhan sejak kecil akan terbawa sampai usianya dewasa, sehingga ia tidak menemui masalah ketika dewasa nantinya.

Sebagai orangtua, kita memiliki kendali atas anak dan terkadang anak harus patuh sepenuhnya.

Anak-anak cenderung akan menolak perintah dari orangtua dan melakukan apa yang diinginkan, maka tugas orangtua adalah menanamkan dan mengajarkan kepatuhan pada anak.

Baca juga: 7 Keuntungan Hidup Disiplin dan Teratur

Orangtua yang menerapkan gaya pengasuhan otoriter (authoritarian parenting) biasanya mengharapkan anak untuk lebih patuh daripada orangtua yang tidak menerapkan pola asuh tersebut.

Ada alasan

Menurut Very Well Family, orangtua yang mengharapkan anak patuh cenderung mendominasi anak dan tidak tertarik pada pendapat anak.

Namun faktanya tidak seperti itu. Kita bisa membuat anak menurut dengan mengingatkan anak untuk melakukan tugasnya dan anak tidak membantah.

Sederhananya, aturan dibuat karena suatu alasan dan harus diikuti. Hanya saja perilaku yang baik dan kepatuhan perlu diajarkan kepada anak agar ia belajar untuk mendengarkan.

Baca juga: Anak Tidak Mendengarkan Orangtua, Coba Cara Ini

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X