Kompas.com - 22/04/2021, 09:27 WIB

KOMPAS.com - Perempuan di Indonesia menganggap penuaan dini merupakan masalah yang serius dan bisa mengurangi kepercayaan diri.

Menurut survei online yang dilakukan Jakpat dan ERHA Age Corrector, 76 persen responden perempuan menjawab merasa khawatir dengan penuaan dini.

"Secara psikologis orang yang mengalami penuaan dini akan merasa tidak nyaman." ujar Muhammad Irfan Agia, S.Psi., M.Sc., Consumer Psychologist dalam acara Virtual Launch ERHA Age Corrector pada hari Rabu (21/4/2021).

Selain keriput, tanda penuaan dini meliputi kulit menjadi kering dan kusam, pori-pori wajah membesar, hingga garis halus.

Untuk mengatasi masalah penuaan dini, ERHA meluncurkan produk skincare ERHA Age Corrector

"Produk ini diformulasikan dan diuji secara langsung oleh dermatologists ERHA yang telah berpengalaman selama puluhan tahun," ujar Alfons Sindupranata, CEO Arya Noble Dermatology.

Baca juga: 10 Makanan yang Mempercepat Proses Penuaan Kulit

Tiga produk unggulannya yaitu serum, day cream, dan night cream yang sudah teruji secara klinis efektif dapat memperbaiki tanda penuaan dalam 2-4 minggu. Rangkaian produk ini juga dapat dibeli secara bebas tanpa harus melalui konsultasi dokter.

Alfons mengatakan, berdasarkan uji klinis pada 2020, penggunaan rangkaian produk ERHA Age Corrector menunjukkan perbaikan elastisitas kulit sebesar 8,74 persen dalam dua minggu dan kerutan sebesar 9,17 persen dalam empat minggu.

Gejala penuaan pada kulit mulai terjadi sejak usia 20 tahun. Oleh karena itu, perawatan untuk mencegah penuaan disarankan untuk dimulai sejak muda.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.