Kompas.com - 06/05/2021, 08:03 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Semakin banyaknya varian baru covid-19 yang diklaim lebih mudah menular di Indonesia membuat kita harus lebih waspada dengan meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

Selain mengubah pola makan dan tidur yang baik, kita juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh melalui asupan mikronutrien dari suplemen vitamin dan mineral.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FAPSR, FISR mengatakan bahwa suplemen vitamin dan mineral sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tubuh kita.

Terlebih, bagi orang-orang yang tinggal di perkotaan dengan berbagai kesibukannya sehingga kurang menjaga pola makan dan tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Baca juga: Cuma 2 Suplemen yang Bisa Bikin Sehat dan Hidup Lebih Lama, Apa Itu?

"Suplemen ini penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menambah mikronutrien yang berfungsi melawan virus," terangnya dalam webinar bersama Kalbe Farma, Rabu (5/5/2021).

Menurut dia, kekurangan mikronutrien tidak hanya dapat menurunkan daya tahan tubuh, tetapi juga mengakibatkan gangguan pada fungsi sel dan menghambat proses penyembuhan penyakit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun beberapa kelompok orang tertentu yang wajib mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral antara lain ibu hamil atau menyusui, anak dan remaja dengan kebiasaan makan tidak teratur, serta orang lanjut usia (lansia).

Di samping itu, Agus juga merekomendasikan agar kita bisa mengonsumsi suplemen lengkap yang mengandung vitamin B, C, D, E, dan mineral zinc.

Baca juga: Ternyata Berjemur Pukul 12 Siang Paling Baik untuk Asupan Vitamin D

"Sebaiknya suplemen vitamin dan mineral dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan setelah makan di pagi hari supaya tidak menggangu pencernaan," jelasnya

"Sementara itu, bagi orang-orang yang memiliki penyakit atau gangguan imun harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen," imbuh dia.



Rekomendasi untuk anda
LOVE-LIFE-AND-SEX-EDUCATION
3 Cara Mengubah Pola Pikir Agar Enggak Jadi 'Toxic Positivity'!
3 Cara Mengubah Pola Pikir Agar...
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X