Kompas.com - 07/05/2021, 12:13 WIB
Tiara dari Kerajaan Italia yang akan dilelang di Sotheby's Sotheby'sTiara dari Kerajaan Italia yang akan dilelang di Sotheby's
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebuah tiara yang diwariskan kerajaan Italia dari generasi ke generasi akan dilelang di balai lelang Sotheby's di Jenewa, Swiss, pekan depan.

Tiara ini berasal dari paruh kedua abad ke-19, dan merupakan hadiah pernikahan Maria Vittoria dal Pozzo setelah ia menikah dengan Amadeo I of Savoy--yang kemudian menjadi raja Spanyol--pada tahun 1867.

Terdapat motif scroll, berlian dan mutiara pada tiara yang rencananya akan dijual dengan perkiraan harga 1 juta dollar AS-1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 14,2 miliar-Rp 21,4 miliar).

"Tiara itu indah dan bersejarah, yang disimpan di House of Savoy selama lebih dari 150 tahun," kata Benoit Repellin, Head of Magnificent Jewels Sales di Sotheby's.

Rencananya, tiara ini akan dilelang pada tanggal 11 Mei mendatang, bersama item lain seperti bros safir dan berlian dari tahun 1930-an yang menampilkan safir Kashmir.

Bros safir yang akan dilelang di Sotheby'sSotheby's Bros safir yang akan dilelang di Sotheby's
Berlian dan safir Kashmir pada bros tersebut berukuran masing-masing 55,19 karat dan 25,97 karat.

Diprediksi, item ini akan terjual seharga 2 juta dollar AS-3 juta dollar AS atau setara Rp 28,5 miliar-Rp 42,8 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bros berlian dan safir Kashmir itu sempat dimiliki oleh pewaris merek bir Guinness, kata Senior Director of The Jewellery Department di Sotheby's, Olivier Wagner.

Safir Kashmir adalah material langka yang ditemukan pada akhir abad ke-19, dan tambang safir Kashmir hanya dieksploitasi selama 20 tahun, kata Wagner kepada Reuters.

"Satu-satunya cara untuk menemukannya adalah dengan membelinya di lelang," sebut dia.

Baca juga: Mengenal Tiara, Perhiasan yang Kerap Dipakai Bangsawan Inggris

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.