Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2021, 16:43 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun terakhir, Amazfit menjadi merek yang banyak disebut ketika orang membicarakan smartwatch.

Alasannya jelas, jam pintar buatan Huami itu menawarkan lebih banyak fitur, daya baterai panjang, terlihat keren dipakai, serta jauh lebih terjangkau dibanding smartwatch lain di pasaran.

Amazfit yang saat ini beredar adalah seri GTS 2 dan GTR 2 yang merupakan upgrade dari seri GTS dan GTR.

Kedua smartwatch ini memiliki fitur serupa, hanya saja GTS berbentuk kotak (S adalah singkatan dari Square) dan GTR berbentuk Round atau bundar.

Hal yang langsung menarik perhatian pada kedua jam ini adalah penggunaan bahan bermutu tinggi yang terasa halus di tangan, serta tampilan layar sentuh AMOLED yang jernih.

Sementara perbedaan yang paling besar barangkali ada pada daya tahun baterai, di mana GTS 2 bisa bertahan 7 hari, sedangkan GTR 2 dapat dipakai selama 14 hari tanpa harus diisi ulang, bahkan mencapai 38 hari bila dipakai dalam mode basic, alias fitur-fiturnya tidak diaktifkan.

Nah, bila sebelumnya kita sudah pernah membahas GTS 2, kini kita cari tahu apa saja yang dimiliki Amazfit GTR 2.

Baca juga: Smartwatch Makin Canggih, Fiturnya Makin Banyak

Amazfit GTR 2

Amazfit GTS 2 (kiri) dan Amazfit GTR 2KOMPAS.com/Wisnubrata Amazfit GTS 2 (kiri) dan Amazfit GTR 2
Secara desain, Amazfit GTR 2 lebih mirip jam tangan tradisional, dengan wajah bulat dan garis waktu di sekitar bingkai cincinnya, beda dengan GTS 2 yang memiliki desain kotak smartwatch.

Tampilan GTR 2 juga sedikit lebih besar meskipun diagonal layarnya secara teknis lebih kecil. GTR 2 memiliki panel AMOLED melingkar 1,39 inci (casing 46 mm) dengan resolusi 454 x 454, sedangkan GTS 2 memiliki layar persegi panjang 1,65 inci dengan resolusi 348 x 442.

Amazfit GTR 2Amazfit Amazfit GTR 2
Layar jam tangan ini bisa menyesuaikan diri dengan menjadi lebih terang saat dipakai di luar ruang yang terkena sinar matahari, dan menjadi redup di tempat yang gelap. Tentu bagian ini bisa diatur oleh pengguna.

GTR 2 memiliki dua tombol fisik. Tombol atas untuk membuka aplikasi smartwatch, sedangkan tombol bawah untuk memilih menu atau jenis olahraga yang akan dilakukan. Sebagai perbandingan, GTS 2 hanya memiliki satu tombol yang membuka halaman aplikasi.

Hal lain yang menunjukkan kelebihannya adalah fitur voice control offline, yang tidak ada di setiap smartwatch. Alih-alih mengandalkan asisten suara yang terhubung ke internet, kita dapat memberi perintah pada jam secara offline.

Sistem voice control ini dapat diaktifkan dengan beberapa pilihan, salah satunya dengan memutar pergelangan tangan atau setelah lampu layar menyala.

Kita misalnya bisa mengatakan "Open weather", maka layar akan menunjukkan kondisi cuaca, atau saat kita menginginkan tampilan yang lebih cerah, cukup katakan "Brightness up" maka layar akan menjadi lebih terang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com