Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2021, 18:42 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Fatherly

KOMPAS.com - Youtuber dan influencer kecantikan Tasya Farasya dikabarkan mengalami keguguran berdasarkan unggahan di akun Instagramnya.

Perempuan keturunan arab itu mengunggah foto hasil Ultra sonografi alias USG sembari diberi takarir "innalillahi wainna ilaihi raajiun , till we meet again ♥?????".

Kabar duka itu direspon oleh rekan sesama selebgram dan rekan artis untuk mendoakan kesembuhan baik fisik maupun mentalnya.

Tasya yang menyebut kejadian tersebut bukan baru saja terjadi, mengakui sudah merasa baik-baik saja.

Agaknya hal ini berkat pendampingan dari suaminya untuk menjalani masa sulit tersebut.

Baca juga: Unggah Foto USG, Tasya Farasya Sampaikan Kabar Duka

Bisa traumatik

Pengalaman keguguran memang menjadi kejadian yang tidak menyenangkan bagi pasangan suami istri. Namun bagi perempuan, dampaknya cenderung lebih besar baik untuk fisik, spiritual maupun emosionalnya.

Kejadian traumatik ini bisa memicu stres, depresi, kurang percaya diri dan merasa rendah diri. Dalam jangka panjang, hal tersebut bisa memengaruhi hubungan rumah tangga yang dibangun.

Karena itu, penting bagi para pria mampu mendampingi istrinya melewat fase buruk tersebut. Sayangnya banyak yang gagal memberian respon terbaik untuk menghibur pasangannya.

Kerapkali seorang suami akan merasa tidak berdaya dan putus asa untuk mengatasi perasaannya sendiri dan kesedihan yang dialami pasangannya.

Baca juga: Kamu Sedih atau Depresi? Pahami Perbedaannya

Hal tersebut bisa memperburuk kondisi perasaan kedua belah pihak. Sebaiknya, fokus untuk pemulihan emosional diri sendiri dan membantu istri untuk menghilangkan kesedihannya.

Berikut adalah empat cara yang bisa dilakukan suami kala mendampingi istrinya yang baru saja mengalami keguguran.

  • Mengakui kejadian buruk yang dialami

Banyak orang menyangkal kejadian buruk yang dialaminya untuk mencegah perasaan sedih, menyesal dan hal negatif lainnya. Padahal ini hanya akan membuat istri merasa tidak dipedulikan atas kehilangannya dan dianggap tidak penting.

Banyak pria takut mengatakan hal yang salah kepada istri yang sedang berduka, namun tidak berkata apa-apa hanya akan memperburuk kondisi. Sampaikan kesedihan yang dialami dan bicarakan solusi apa yang bisa diambil untuk melaluinya.

Baca juga: Para Suami, Lakukan ini Saat Istri Mengalami Depresi Pasca Melahirkan

Ketidakcocokan yang tidak bisa diatasi dengan baik dapat mengganggu keberlangsungan hubungan.SHUTTERSTOCK Ketidakcocokan yang tidak bisa diatasi dengan baik dapat mengganggu keberlangsungan hubungan.

  • Dengarkan curhatan istri

Dengarkan curhatan istri atas pengalaman buruknya dan biarkan merekaa berduka. Posisikan diri sebagai tempat bersandar pasangan untuk mencurahkan semua keluh kesahnya.

Halaman:
Sumber Fatherly
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com