Kompas.com - 11/05/2021, 16:02 WIB
Ilustrasi kondisi kulit kering Dok. ShutterstockIlustrasi kondisi kulit kering

KOMPAS.com – Kekurangan air dan minyak alami dapat menyebabkan kulit wajah tidak mendapatkan kelembapan yang cukup sehingga tampak kering.

Meski secara alami kulit mampu memproduksi minyak, ada beberapa hal yang menjadi sebab lapisan kulit tetap terasa kering.

Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah paparan terhadap polusi, cuaca yang berubah, dan terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Pada kondisi yang lebih parah, kulit kering bisa mengelupas dan menimbulkan iritasi.

Untuk mengatasi masalah kulit kering, hal yang bisa dilakukan yaitu melakukan rangkaian perawatan wajah dengan sejumlah produk skincare.

Baca juga: 4 Rekomendasi Asupan Vitamin Harian untuk Pemilik Kulit Kering

Namun, selain mengandalkan skincare, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah sehingga tetap bisa berhemat. Berikut bahan-bahan alami dengan harga terjangkau yang mudah Anda temukan di pasar ataupun swalayan terdekat.

Mentimun

Mentimun merupakan salah satu bahan kecantikan alami yang cocok untuk kulit karena memiliki efek menenangkan. Selain itu, mentimun bersifat antiinflamasi yang dapat mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari Live Science (2018), mentimun mengandung 95 persen air sehingga bermanfaat untuk melembapkan kulit. Karena itu, mengonsumsi mentimun bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Musim Hujan

Tak hanya itu, mentimun juga bisa menjadi  alternatif masker wajah ataupun body scrub alami. Caranya pun mudah, Anda cukup menghaluskan mentimun hingga berbentuk seperti pasta kemudian balurkan ke seluruh permukaan kulit.

Bila ingin cara yang lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan body scrub dengan kandungan ekstrak mentimun. Butiran scrub yang lembut mampu membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit Anda tampak lebih sehat.

Jeruk

Selain memiliki rasa manis yang menyegarkan, jeruk juga kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh. Karena itu, bahan alami satu ini banyak dijumpai dalam berbagai produk skincare.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X